Bergabung Bersama Jurnalistik 4 untuk Bekal Masa Depan

Minggu 10-04-2022,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - CUKUP banyak Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang memiliki ekstrakurikuler di bidang Jurnalistik. Tidak sedikit pula para siswa yang tertarik dan berminat untuk mendalami ekskul yang satu ini.

Jurnalistik umumnya adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Dalam konsep media, berasal dari perkataan journal, artinya catatan harian mengenai kejadian sehari-hari, atau bisa juga berarti surat kabar.

Seperti salah satu sekolah di Kota Cirebon, yaitu SMAN 4 Kota Cirebon, menaungi ekstrakurikuler Jurnalistik yang terbilang cukup aktif dan berkembang dengan diketuai oleh siswi bernama Alfeiza Ghenaya Rizqi dan dibina oleh Muhammad Rizqi MPd. Siswi yang kerap disapa Alfei ini sudah bergabung sejak ia masuk ke SMAN 4 Kota Cirebon. Lalu ia sudah menjabat sebagai ketua sejak 5 bulan yang lalu dan jumlah anggotanya tahun ini adalah 17 orang.

Ekskul Jurnalistik sendiri memiliki 3 divisi di dalamnya. Antara lain Fotografi dan Videografi, Pewarta Berita, dan Kepenulisan. Dengan adanya 3 divisi ini, ketua berharap para anggotanya dapat berkembang terus untuk menuju yang lebih baik. Lalu, adapun kegiatan utama komunitas ini yaitu meliput kegiatan atau berita tentang SMA Negeri 4 Kota Cirebon. Dan kegiatan lain seperti pembuatan mading serta selalu aktif mengikuti perlombaan di bidangnya.

BACA JUGA:

Seperti ekstrakurikuler lainnya, Jurnalistik 4 juga memiliki tujuan yang akan dicapainya, yaitu untuk melatih siswa-siswi SMA Negeri 4 Kota Cirebon sebagai siswa-siswi yang aktif dan memiliki wawasan mengenai dunia kejurnalistikan. Kemudian, tempat dilakukannya kegiatan biasanya di lingkungan sekolah, “Adapun kalau di luar ketika kegiatan hunting atau meliput kegiatan SMA Negeri 4 Kota Cirebon yang ada di luar sekolah,” tuturnya.

Adapun kesulitan dan suka duka yang selama ini dihadapi, yaitu pandemi Covid-19. “Pandemi menjadi suatu hambatan kami untuk melakukan kegiatan karena masih ada pembatasan sehingga kita tidak bisa bertatap muka secara langsung. Untuk suka duka, lebih banyak sukanya, seperti menang banyak perlombaan di bidang yang disukai, bertemu dengan teman-teman baru, dan mendapat banyak wawasan mengenai kejurnalistikan,” ujarnya.

2

Di akhir wawancara, Alfei juga mengungkapkan hal yang menurutnya paling berkesan dalam komunitas ini, “Yang paling berkesan di sini itu kita bisa mendapat banyak ilmu tentang menulis, fotografi dan videografi. Karena menurut kami ilmu ini akan terpakai untuk ke depannya,” tutupnya (siti/susan)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait