Siswa SMAK Plus Penabur Selangkah Lagi Menuju IOI

Senin 11-04-2022,09:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Gustav Ian Setiabudi, siswa kelas X SMAK Plus Penabur Cirebon selangkah lagi lolos ke Olimpiade Informatika Internasional (IOI) yang ke-34. Ian bakal mengikuti seleksi terakhir sebelum dinyatakan lolos sebagai peserta ajang paling bergengsi di bidang informatika tersebut.

Untuk sampai pada tahap seleksi nasional, Ian telah memulainya dengan mengikuti Kompetisi Sains Nasional (KSN) yang digelar berjenjang. Mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga tingkat nasional. Pada KSN tingkat nasional 7-12 November 2021 lalu, Ian sukses menduduki peringkat 18 nasional, sehingga berhak atas medali perunggu.

Selain itu, ia juga berkesempatan mengikuti ajang IOI ke-34 yang akan digelar pada bulan Agustus mendatang. Namun sebelumnya, ia harus mengikuti rangkaian Pelatihan dan Seleksi Nasional (Pelatnas) Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) 2022.

Tahap pelatihan dan seleksi sendiri dibagi menjadi tiga tahap. Di mana, pada masing-masing tahap, jumlah peserta akan terus berkurang hingga terpilih beberapa peserta saja untuk menjadi wakil Indonesia di ajang IOI ke-34 yang tahun ini berlangsung di Jogjakarta, sebagai kota tuan rumah.

BACA JUGA:

“Untuk bulan Mei nanti (pelatnas 3 TOKI 2022), persiapanya sama, belajar mengerjaan soal-soal,” ungkap Ian kepada Radar Cirebon.

Ia menambahkan, jika lolos pada tahap ketiga dan mewakili Indonesia di IOI ke-34 nanti, dirinya akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Terlebih, tahun ini, menjadi yang pertama kalinya ajang tersebut berlangsung di Indonesia. “Kalau lolos, targetnya mendapat medali,” tandasnya.

2

Sementara itu, Wakasek Kesiswaan SMPK-SMAK Plus Penabur Cirebon, Rusmin SPd sangat senang dan bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh siswanya. Dia berharap, pada Pelatnas 3 mendatang, Ian mampu mengikutinya dengan baik dan lancar.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait