4 Cara Memanaskan Makanan untuk Sahur

Selasa 12-04-2022,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Saat sahur bagi orang mungkin mudah dilakukan, tetapi tidak untuk beberapa orang lain dalam menyiapkan masakan sahur.

Selain lebih praktis, tentu saja menghemat waktu dan tenaga, pasti tidak banyak juga yang tahu bahwa tidak semua makanan bisa dipanaskan.

Makanan yang tidak seharusnya dipanaskan jika masih nekat dipanaskan justru akan menjadi makanan yang beracun. Di sini pentingnya tips aman panaskan makanan, agar konsumsi hidangan sahur lebih aman.

Selain bisa diandalkan untuk lebih cepat menyajikan hidangan sahur yang padat gizi, memanaskan makanan juga lebih bisa dirasakan manfaatnya jika tips memanaskan makanan bisa diterapkan dengan benar.

BACA JUGA:

Jadi, memang menyepelekan cara memanaskan makanan yang benar bisa menjadi kesalahan yang cukup fatal.

Berikut penjelasan mengenai tips aman memanaskan makanan untuk sahur yang sudah Radarcirebon.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa, 12 April 2022.

  1. Siapkan Makanan dengan Menyimpannya Pada Suhu yang Tepat.

    2

    Tips aman memanaskan makanan yang pertama adalah dengan menyimpan makanan yang akan dipanaskan pada suhu yang tepat. Makanan yang akan dipanaskan saat sahur, tidak boleh dibiarkan pada suhu ruang lebih dari dua jam. Hal ini disebabkan karena makanan akan sangat cepat rusak jika diletakkan pada suhu yang tidak tepat. Nah, jika masakan untuk sahur sudah siap, bisa dengan menyimpannya pada wadah tertutup atau menggunakan plastik wrap untuk mencegah kontaminasi bakteri.

  2. Mencairkan Makan Beku dengan Tepat

    Kemudian tips aman memanaskan makanan yang kedua dengan mencairkannya pada suhu yang tepat. Jika makanan yang akan dikonsumsi saat sahur adalah makanan siap saji dalam bentuk beku, maka sebelum tidur lebih baik untuk mencairkannya terlebih dahulu bahan makanan tersebut di dalam lemari pendingin. Bukan mengeluarkannya pada suhu ruang atau meletakkan di bawah air mengalir.

  3. Suhu Pemanasan Tidak Terlalu Tinggi dan Tidak Dipanaskan Terlalu Lama

    Makanan yang akan dipanaskan kembali pasti sudah melalui proses pematangan yang sempurna sebelumnya. Tips aman memanaskan makanan yang ketiga adalah dengan memanaskan kembali makanan ini pada kisaran suhu antara 70-100 derajat celsius saja. Hal ini bisa dilihat dengan mudah pada masakan yang berkuah.

  4. Jangan Memanaskan Makanan Lebih dari Satu Kali

    Tidak jarang ada banyak ibu yang memasak untuk jangka waktu dua hingga tiga hari. Hal ini akan membuat makanan disimpan dalam lemari pendingin dan dihangatkan terus-menerus sebelum dikonsumsi. Tips aman memanaskan makanan yang keempat adalah dengan aturan, menghangatkan makanan tidak boleh lebih dari satu kali.

Demikian cara memanaskan makanan untuk sahur.(len)

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait