Bahaya Salmonella pada Makanan Kemasan Anak, Perlu Diketahaui Para Ibu-Ibu

Minggu 17-04-2022,07:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Belum lama ini, sebuah perusahaan pembuat cokelat berhadiah mainan di Inggris menarik kembali produknya dari pasaran. Karena pada produk cokelat anak-anak terdapat bakteri Salmonella.

“Salmonella adalah salah satu bakteri yang harus diwaspadai. Terlebih, cara penularannya bisa melalui makanan kemasan yang biasa dikonsumsi anak-anak.”

Ada dua cara utama penyebaran Salmonella, yaitu melalui makanan dan air yang terkontaminasi, atau kontak dengan hewan yang membawa bakteri.

Bakteri Salmonella terdapat dalam kotoran banyak hewan, termasuk daging sapi, unggas, dan ikan, dan sering mencemari daging, susu, atau telur mereka. Dalam kasus telur, bakteri dapat ditemukan di dalam maupun di luar cangkang.

BACA JUGA:

Kontaminasi tinja air atau kontaminasi silang selama pemrosesan atau penyiapan makanan dapat menyebabkan penyebaran bakteri dalam sayuran, buah, makanan laut, rempah-rempah, dan makanan olahan.

Selain melalui makanan dan air, Salmonella juga bisa menyebar melalui hewan ternak dan hewan peliharaan. Jika kamu bekerja di atau mengunjungi peternakan atau memelihara hewan ternak, risiko terpapar bakteri ini bisa saja meningkat.

2

Sebab, bakteri ini dapat mencemari kandang, bulu, dan air tanah. Hewan-hewan pembawa bakteri ini bisa saja terlihat bersih dan sehat, tapi sebenarnya menularkan bakteri berbahaya. Hewan yang telah diketahui menyebarkan Salmonella antara lain unggas, kambing, sapi, domba, dan babi.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait