Hitungan WHO: Biaya Pemulihan Pandemi Telan USD 26,4 Miliar per Tahun

Selasa 19-04-2022,12:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon. com - Misi Presidensi G20 pemerintah Indonesia terus mengadakan pertemuan kedua tingkat menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu, 20 April 2022. Untuk membahas pembiayaan menanggulangi pandemi.

Sri Mulyani (Menteri Keuangan) menyatakan, pertemuan itu membahas empat agenda prioritas. Seperti Perkembangan ekonomi global dan resikonya, isu kesehatan global, arsitektur keuangan internasional, serta pembiayaan berkelanjutan.

Dari ke empat agenda tersebut, ada dua isu prioritas. Yaitu, modalitas pembiayaan untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respon (prevention, preparedness and response/PPR) terhadap pandemi pada masa depan, serta peningkatan instrumen keuangan berkelanjutan.

Menkeu mengatakan,“Pada pertemuan pertama Ferbuari lalu, kami menyoroti skema pembiayaan global sesuai dengan pengalaman dunia menghadapi krisis kesehatan. Namun, banyak laporan yang menggarisbawahi peran pembiayaan domestik dalam mengatasi pandemi”. Seperti yang dikutip dari JawaPos.com, Selasa, 19 April 2022.

BACA JUGA:

Dia menjelaskan, aspek PPR menjadi hal yang diutamakan dalam strategi pembiayaan. Namun, terdapat empat tantangan dalam mencapai kondisi ideal.

Pertama, penelitian jaringan global untuk mencegah dan mendeteksi penyakit menular yang baru muncul. Kedua, sistem kesehatan nasional yang tangguh untuk memperkuat kesiapsiagaan pandemi global.

2

Ketiga, pasokan, tindakan, dan alat medis tersedia cepat dan adil secara global. Terakhir, tata kelola kesehatan global untuk memastikan pendanaan yang tepat dan akuntabel.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait