Begini Respon Ketua DPR RI Soal Kasus Lili Pintauli Disorot Amerika Serikat

Selasa 19-04-2022,18:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Ketua DPR RI Puan Maharani merespon soal melanggar kode etik KPK yakni Wakil ketua KPK Lili Pintauli Siregar yang masuk ke dalam laporan pelanggaran HAM Amerika Serikat. Dan Puan menyerahkan sepenuhnya persoalan tersebut secara hukum yang berlaku.

“Itu kita serahkan ke proses hukum yang ada,” kata Puan usai membuka bazar persatuan istri anggota (PIA) DPR di Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa (19/4).

Sedangkan Mantan Menko PMK ini meminta, KPK memberikan penjelasan terkait laporan pelanggaran kode Etik terhadap Lili Pintauli yang disoroti oleh AS. Hal ini untuk mencegaj polemik yang ada di tengah masyarakat.

Puan Menegaskan,\" Kalau memang ada di KPK dan kita tunggu bagaimana penjelasannya, sehingga tidak ada polemik terkait iya atau tidaknya. Jadi pihak terkait yang harus menjelaskan hal tersebut\".

BACA JUGA:

KPK sudah menegaskan Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah menyusun dan menegakkan kode etik profesional.

“Kemudian pada isu penegakan kode etik, dengan terbitnya UU 19/2019 maka Dewas (KPK) telah menyusun kode etik secara cermat dan telah melakukan penegakan secara profesional dan independen bagi seluruh insan KPK,” ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Senin (18/4).

2

“Sekaligus memastikan pihak-pihak yang telah terbukti melakukan pelanggaran untuk melaksanakan sanksi dan hukuman yang dijatuhkan oleh Dewas KPK,” pungkasnya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya…

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait