Kemenkes Bantah adanya Kaitan Vaksinasi Covid-19 dengan Penyakit Hepatitis Akut pada Anak

Kamis 05-05-2022,22:30 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

Radarcirebon.com, JAKARTA – Beredar isu bahwa kehadiran penyakit hepatitis akut pada anak disebabkan oleh vaksin Covid-19. Hal tersebut langsung dibantah oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Melalui Lead Scientist untuk kasus hepatitis akut, Prof dr Hanifah Oswari Sp A(K), Kemenkes bantah isu tersebut.

\'\'Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin Covid-19 itu tidak benar, karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan vaksinasi Covid-19,\'\' ungkap Kemenkas yang diwakili Prof Hanifah, dalam keterangan pers, Kamis 5 Mei 2022.

Lebih lanjut Prof Hanifah menyampaikan bahwa sampai saat ini juga belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit Hepatitis Akut Yang Belum Diketahui Penyebabnya dengan virus Covid-19, melainkan adanya kejadian yang koinsiden (bersamaan).

Baca juga: Kemenkes Klaim Kasus Aktif dan Kesembuhan Covid-19 Membaik

Sebagai upaya peningkatan kewaspadaan, pencegahan, dan pengendalian Infeksi Hepatitis Akut pada Anak, pemerintah telah menerapkan beberapa hal.

Diantaranya dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/2022 tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology).

Tags :
Kategori :

Terkait