India akan Luncurkan Pesawat Antariksa Shukrayaan I ke Planet Venus

Sabtu 07-05-2022,18:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, INDIA - Desember 2024 Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) akan meluncurkan pesawat antariksa Shukrayaan I ke Planet Venus.

Planet Venus ini merupakan salah satu planet yang masih banyak misteri belum terungkap. Tidak seperti Mars yang sudah sering dikunjungi dan diteliti, sangat sedikit yang diketahui tentang permukaan Venus yang diselimuti atmosfer tebal bersifat mematikan dan korosif.

Dikutip dari TimesNow India pada Rabu, 4 Mei 2022.“Misi kami dapat dilakukan dengan sangat cepat, kami memiliki kemampuan untuk itu. Tapi hari ini, kami melihat kontribusi apa yang diberikan misi tersebut (kepada India),” ujar Ketua ISRO S Somnath.

Seperti yang dikatakan Somnath, badan antariksa India sedang mencari sesuatu yang berbeda dan mencari penemuan baru terkait Venus. Misi ini juga akan melibatkan investasi besar.

BACA JUGA:

“Kami akan melihat apakah kami hanya mengulangi apa yang telah dilakukan untuk memvalidasi itu, kami dapat melakukannya, (tetapi kami harus mencoba) mencapai sesuatu yang unik. Hasil unik seperti Chandrayaan, Mars Orbiter Mission, dan Astrosat diperlukan untuk misi sains kali ini,” tambahnya.

ISRO kini merencanakan percobaan seperti penyelidikan proses permukaan dan stratigrafi bawah permukaan dangkal (studi tentang pembentukan batuan), termasuk hotspot vulkanik aktif dan aliran lava, mempelajari struktur, komposisi, dan dinamika atmosfer, dan penyelidikan interaksi angin matahari terhadap Ionosfer Venus (di mana atmosfernya bertemu luar angkasa).

2

ISRO menetapkan tanggal peluncuran Shukrayaan I, kendaraan roket misi pengorbit Venus pada Desember 2024.

Berita berlanjut di halaman berikutnya....

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait