KPU: Kami Sudah Koordinasi ke TNI Polri

Kamis 12-05-2022,16:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON- Pernyataan Komisioner Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Drs H Wasikin Marzuki terkait 2 tahun ini KPU belum merilis jumlah daftar pemilih pemula dari pensiunan TNI Polri, langsung mendapatkan respon dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon.

Ketua KPU Kota Cirebon, DR Didi Nursidi SH MH menjelaskan, Pasca pemilu 2019 sampai dengan sekarang, khususnya terhitung mulai bulan Maret 2020 sampai dengan sekarang, KPU menyelenggarakan sebuah program Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjuran (DPB).

Tujuannya, masih kata Didi, mempersiapkan dan menginventarisir potensi penduduk sebagai pemilih yang selanjutnya dicatat sebagai bagian dari bank data. Sehingga, lanjut Didi, outputnya adalah data pemilih hasil kegiatan pemutakhiran data, Jadi outputnya bukan DPT.

Sedangkan Kalau DPT itu bagian dari tahapan pemilu. KPU mendapatkan Data dari Kemendagri yang bersumber dari Disdukcapil setelah itu dilakukan coklit, penetapan daftar pemilih sementara, hingga ujungnya di DPT. \" DPB itu diluar tahapan pemilu,\" ujarnya.

BACA JUGA:

Namun demikian, kata Didi, Kami merespon baik yang di Kemukakan bawaslu yang disampaikan selama periodesasi rakor per 3 bulan, didalamnya ada TNI Polri. Langkah yang dilakukan KPU untuk Melakukan pemutakhiran data TNI Polri sumber data pensiunan TNI Polri.

Sumber data lain dari masyarakat, laporan periodik penduduk dari kecamatan dan kelurahan. Jadi pensiunan TNI Polri adalah sumber data.

2

Pihaknya menegaskan bahwasannya KPU sebenarnya sudah koordinasi dan secara eksplisit TNI Polri dalam perspektif kelembagaan belum berhasil menginventarisir pensiunan-pensiunan apakah masih berdomisili di kota cirebon atau pindah ke tempat lain.

Berita berlanjut dihalaman berikutnya...

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait