Pinjol Jadi Pundi Pendanaan Aktivitas Teroris di Indonesia

Sabtu 28-05-2022,00:01 WIB
Reporter : Junaedi
Editor : Junaedi

Radarcirebon.com – Terungkap bahwa pinjaman online (Pinjol) menjadi salah satu sumber dana teroris selain perampokan di berbagai target.

Hal ini diungkapkan oleh pihak kepolisian dengan membeberkan sejumlah modus yang digunakan teoris menggalang dana salah satunya Pinjol.

Dalam penggalangan dana, kelompok menebar terror ini mengikuti perkembangan kemajuan teknologi secara global dan menjadikan Pinjol sumber dana teroris.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengungkapkan bahwa dalam pengumpulan dana oleh kelompok teroris dilakukan secara luring maupun daring.

Baca juga: Wanita Bercadar di Lampung Bikin Resah, Ketuk Rumah Berpakaian Serba Putih, Terlilit Utang Pinjol

Secara luring, kegiatan penggalangan dana dilakukan dengan cara mencari sumbangan atau donasi. Sedangkan secara online dengan memanfaatkan Pinjol sumber dana teroris.

“Dari hasil selidik dan sidik tindak pidana terorisme, ditemukan berbagai fenomena modus pengumpulan dana yang dilakukan oleh berbagai kelompok terorisme di Indonesia,” tambah Brigjen Pol Ahmad.

2

Brigjen Pol Ahmad juga menjelaskan bahwa kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dan Anshor Daulah (AD) selaku pendukung Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) melakukan menggalang dana dari masyarakat dengan berbagai modus.

Tags :
Kategori :

Terkait