Presiden Sandu: Ada Pelanggaran dalam Investigasi Mantan Presiden Moldova Igor Dodon

Sabtu 28-05-2022,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com - Presiden Moldova Maia Sandu menyoroti pelanggaran yang dilakukan penyelidik saat menyelidiki kasus mantan Presiden Igor Dodon.

\"Saya percaya Kejaksaan Agung harus melihat bagaimana tindakan investigasi dilakukan, terutama pada Senin dan Selasa (saat penangkapan terjadi),\" kata Sandu dalam jumpa pers, Jumat.

Ia mengatakan, foto-foto yang bocor ke pers menunjukkan pemandangan yang sangat memprihatinkan. Ada pelanggaran yang dilakukan pihak berwenang, katanya dan Moldova berharap ada penjelasan terperinci mengenai hal tersebut tetapi ternyata kejaksaan tidak bisa memberikannya.

\"Investigasi terhadap Dodon harus dilakukan dengan sangat transparan,\" kata Sandu, seperti dikuip dari AFP.

BACA JUGA:

Ia mengingatkan dan berharap \"jaksa tidak terlibat dalam permainan politik baik atas kemauan mereka sendiri maupun atas perintah orang lain.\"

Jika hal itu terjadi, maka Jaksa dan jajarannya akan terkena sanksi yang tidak hanya mendiskreditkan mereka sendiri tetapi juga reformasi dan jalur Eropa.

2

Igor Dodon yang berkuasa pada 2016 hingga 2020 dan disebut sebut sebagai pemimpin pro-Rusia, ditahan selama 72 jam sejak Selasa (24/5). Kasus pidana telah dibuka terhadapnya atas korupsi pasif, pengkhianatan dan pengayaan gelap. Jaksa telah menggeledah rumahnya dan alamat lainnya, termasuk rumah tersangka kaki tangannya.

Berita berlanjut di halaman berikutnya...

BACA JUGA:

Tags :
Kategori :

Terkait