Anies Baswesdan Mantu, Kental dengan Adat Jawa Yogyakarta

Sabtu 30-07-2022,14:00 WIB
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.id, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menikahkan putrinya yakni Mutiara Annisa Baswedan dengan pasangannya, Ali Saleh Alhuraebi.

Dan akad nikah digelar pada Jumat pagi 29 Juli 2022. Sementara resepsi pernikahan berlangsung pada malamnya di Candi Bentar, Putri Duyung Resort Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Resepsi pernikahan kedua mempelai, digelar kental dengan adat Jawa Yogyakarta. Mutiara Annisa mengenakan kebaya kutu baru berbahan velvet warna pink dan kain batik Yogya Sido Asih dan Yogya latar cemeng.  

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan ayah Ali Saleh juga menggunakan baju Jawa dengan hiasan blankon. Sedangkan istri Anies, Fery Farhati bersama ibunda Ali menggunakan kebaya warna merah.

BACA JUGA:Helikopter Kepolisian Georgia Jatuh, 8 Penumpang Tewas, Satu Orang Terluka

Anies Baswedan mengatakan, busana yang dia dan Istri kenakan dirancang oleh putra Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo.

"Busana ini dirancang putra Bapak Prabowo, Mas Didit," kata Anies di lokasi.  

Anies mengenakan busana adat Yogyakarta berupa kain batik motif kembang warna merah dengan bros warna emas dan di kepala memakai belangkon serta bagian bawahnya menggunakan sarung batik warna cokelat saat menyapa wartawan.

Menurut Anies, berpenampilan adat Jawa itu mengingatkannya pada masa pernikahan dengan istri Fery Farhati di Yogyakarta.

BACA JUGA:Isi Ponsel Putri Chandrawathi dan Irjen Pol Ferdy Sambo Menarik Perhatian Publik

"Dahulu waktu nikah dengan Ibu juga pakai adat Jawa," kata Anies.

Terkait dengan harga busana tersebut, Anies tidak memberitahukan. Dia hanya bilang kalau batik itu sudah dipersiapkan sejak lama.

Hadir dalam resepsi pernikahan putri Anies Baswedan, diantaranya Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Irian Joko Widodo. Serta Wapres Maruf Amin dan Istrinya Wury Estu Handayani.

Dilansir dari fin.co.id, hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

BACA JUGA:Hasil Autopsi Brigadir J, Begini Penjelasan Tim Dokter Forensik

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko di aula Candi Bentar.

Selain itu, ada juga Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Lalu tokoh-tokoh politik semisal Surya Paloh (NasDem), Agus Harimurti Yudhoyono (Partai Demokrat), dan Muhaimin Iskandar (PKB).

Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019 Jusuf Kalla, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga tokoh perempuan Nahdlatul Ulama (NU) Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid.

Dari lingkup DKI Jakarta, ada Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria, Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya Inspektur Jenderal Fadil Imran, Panglima Komando Daerah Militer Jakarta Raya Mayjen TNI Untung Budiharto, Asisten Pemerintahan Pemprov DKI Sigit Wijatmoko, hingga Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo.

BACA JUGA:Manchester United Hanya Bawa 21 Pemain untuk Lawan Atletico Madrid di Oslo, Minus Cristiano Ronaldo

Kategori :