Mahasiswa KKN UNU Dilepas Bupati Cirebon; Tanamkan Literasi Digital, Gali Potensi Wisata Lokal

Senin 01-08-2022,18:00 WIB
Reporter : Ade Gustiana
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, CIREBON - Sebanyak 214 mahasiswa/i Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon secara simbolis dilepas Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari halaman Pendopo Bupati di Jalan Kartini, Senin (1/8).

Ketua Panitia KKN UNU Cirebon Andi Kiswanto mengatakan KKN 2022 ini bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Mahasiswa KKN diberikan tanggung jawab meliterasi digital desa-desa di Kecamatan Sedong dan Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon.

Sebelum diterjunkan ke lapangan, mereka terlebihdulu dibekali ilmu pengetahuan dan wawasan yang cukup.

BACA JUGA:Roket China Jatuh di Dekat Kalimantan, Amerika Murka, Indonesia Kebagian Viral

"Tugas teman-teman mahasiswa ini yang paling utama meliterasi digital masyarakat desa di sana. Kedua, mengamalkan ilmu sosial dan ilmu akademisnya. Ketiga, memberikan nilai manfaat bagi universitas sebagai lembaga pendidikannya.

Harapannya, UNU Cirebon memberikan nilai manfaat lebih untuk masyarakat Cirebon," tutur Andi yang juga ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNU Cirebon tersebut.

Sebanyak 214 mahasiswa itu dari 6 fakultas: Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Hukum, Ilmu Komputer, Ekonomi, Agama Islam dan Fakultas Teknik Kelautan dan Perikanan. KKN berlangsung hingga 9 September. Setelah KKN, akan ada seminar nasional.

Selama mahasiswa KKN, masyarakat desa di Kecamatan Sedong dan Susukan Lebak akan diberikan pemahaman literasi digital melalui sosialisasi. Selain, memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah percaya kabar bohong (hoaks).

BACA JUGA:Dukung Kemajuan Mahasiswa Berprestasi, BRI Kembali Buka Beasiswa BRILiaN Scholarship

"Pastinya adalah bagaimana menggunakan internet secara sehat dan menggunakan internet untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan/kreatif di sana," ucap Andi.

Sementara itu, informasi seputar KKN 2022 UNU Cirebon selalu diperbarui melalui akun media sosial: lppmunucirebon. KKN tahun ini mengangkat tema: pemberdayaan literasi digital masyarakat desa dalam rangka menggali potensi wisata lokal berbasis inovasi.

Dalam sambutannya, Bupati Imron mengaku bangga dengan UNU Cirebon yang akan berkiprah dengan mengabdikan diri untuk mengedukasi warga di Wilayah Cirebon Timur tersebut.

Imron berharap KKN berjalan lancar hingga akhir. Serta, ilmu yang diperoleh baik mahasiswa atau masyarakat bisa diamalkan dan bermanfaat. "Selamat mengabdikan diri buat peserta KKN UNU Cirebon," pungkas Imron.

BACA JUGA:Terungkap! Pengakuan Najwa Soal Jilbab dan Jawaban Quraish Shihab

Kategori :