Serap Aspirasi di Panjunan, Fitrah Siap Tuntaskan Masalah Air PDAM yang Asin

Rabu 24-08-2022,14:00 WIB
Reporter : Jerrel Z
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, CIREBON - Sejumlah aspirasi warga yang berada di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon kembali diserap oleh Anggota DPRD Kota Cirebon asal Fraksi Partai Gerindra, Fitrah Malik. Salah satu aspriasi yang menjadi penting adalah kendala air PDAM yang berbau asin pada beberapa waktu lalu.

Dalam keterangannya, Anggota DPRD Kota Cirebon Fraksi Partai Gerindra, Fitrah Malik mengatakan, pihaknya siap untuk terus menjembatani dan memfasilitasi persoalan-persoalan yang dialami oleh masyarakat yang ada di Pesisir Cirebon khususnya Kelurahan Panjunan.

"Jadi kalau ada masalah, saya tahu, saya akan selesaikan lebih dahulu di awal. Namun, kalau ada informasi yang belum saya tahu, silahkan informasikan ke saya, atau ke kelurahan. Nanti Kelurahan menyampaikan kepada kami untuk ditindaklanjuti," ujar Fitrah kepada masyarakat.

Untuk itulah, salah satu contoh penindaklanjutan yang dilakukan adalah masalah air PDAM yang asin akibat rob dan pasang air laut. Ditambah lagi ada kebocoran yang diduga akibat pengerjaan proyek Kawasan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di sekitaran Panjunan.

BACA JUGA:Waspadai 3 Jenis Korupsi, Ir Soenoto Paparkan Hal Ini di Depan Mahasiswa UGJ

"Untuk itu, kami sudah koordinasi dengan PDAM khususnya. Karena kita awal dapat laporan air tidak 'ngocor'. Harus didorong dulu per minggu satu kali. Selepas air bermasalah, dengan rob kemarin ada yang bocor, salah satunya akibat pengerjaan KOTAKU," jelasnya.

Namun juga, diduga ada sebab yang memicu permasalahan tersebut, seperti pipa yang sudah usang. Sehingga, diduga dengan adanya program KOTAKU memperparah hal tersebut.

"Alhamdulilah kita sudah komunikasikan dengan PDAM dan sudah diganti pipanya sepanjang 200 meter lebih. Serta, saluran yang dulu ada dibelokkan ke sini. Mudah-mudahan ini menjadi solusi untuk menambah debit yang besar," katanya.

"Dan saya tekankan kepada PDAM untuk minta diselesaikan secara tuntas dan baik agar masyarakat bisa menikmati haknya berupa air bersih. Serta airnya tidak ngocor kecil atau asin khususnya di RW 10 dan RW 7 Kelurahan Panjunan," tandasnya.

BACA JUGA:Kapolri Dipanggil DPR, Didesak Ungkap Motif Penembakan Brigadir J

Kategori :