Seperti Apa Gejala Varikokel?

Sabtu 10-09-2022,17:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Apakah Varikokel Umum?

Sekitar 15 dari 100 pria memiliki varikokel. Sulit untuk memprediksi mana dari 15 ini yang akan memiliki masalah kesuburan yang disebabkan oleh varikokel mereka. Tapi sekitar 4 dari 10 pria yang diuji untuk masalah kesuburan memiliki varikokel dan penurunan pergerakan sperma. Tidak ada hubungan dengan cacat lain, ras, tempat lahir, atau kelompok etnis. Meskipun varikokel sering ditemukan pada pria yang diuji untuk infertilitas, 8 dari 10 pria yang memiliki varikokel tidak memiliki masalah kesuburan.

Diagnosa
Varikokel ditemukan melalui pemeriksaan skrotum sendiri atau selama pemeriksaan rutin dokter. Mereka telah digambarkan sebagai “kantong cacing” karena penampilan dan perasaan mereka.
Ahli urologi sering memeriksa varikokel dengan pasien berdiri. Anda mungkin diminta untuk mengambil napas dalam-dalam, menahannya, dan menahannya saat ahli urologi Anda merasakan skrotum di atas testis. Teknik ini dikenal sebagai “manuver Valsava.” Ini memungkinkan ahli urologi Anda menemukan pembuluh darah yang membesar.

Anda dapat memesan tes ultrasound skrotum. Ultrasound menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar dari apa yang ada di dalam tubuh Anda. Beberapa tandavarikokelyang dapat anda lihat di USG adalah pembuluh darah lebih lebar 3 milimeter daridarah yang mengalir dengan cara yang salah selama manuver Valsava. Ultrasonografi juga dapat mempengaruhiukuran testis. Ini berguna dalam memutuskan bagaimana memperlakukan remaja. Ultrasonografi tidak diperlukan jika masalah tidak dirasakan selama pemeriksaan fisik.

Perawatan
Tidak ada obat untuk mengobati atau mencegah varikokel. Seringkali varikokel tidak diobati. Akan tetapi obat untuk menghilangkan rasa sakit, seperti: ibuprofen atau acetaminophen, dapat membantu anda untuk mengatasi rasa sakit.

Bila diperlukan, pembedahan merupakan bentuk pengobatan yang utama. Sedangkan  Embolisasi (pemblokiran pembuluh  darah secara singkat) adalah pengobatan non-bedah.

BACA JUGA: Pajak sektor Reklame Bocor

Kategori :

Terkait

Sabtu 10-09-2022,17:30 WIB

Seperti Apa Gejala Varikokel?