IDI Pecahkan Rekor MURI, Gelar Donor Darah Dokter Se-Indonesia Dalam Rangka HUT IDI ke-72

Rabu 26-10-2022,17:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

Radarcirebon.com, CIREBON-Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-72, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Cirebon menggelar Donor Darah Dokter. Yang berbeda dari donor darah ini karena memecahkan Rekor MURI Donor Darah Dokter yang digelar secara serentak oleh IDI cabang Kota dan Kabupaten se-Indonesia pada hari Selasa (25/10).

Di Kota Cirebon, IDI menggelar gebyar donor darah di Rumah Sakit Daerah Gunung Jati, dan disiarkan live streaming secara nasional donor darah dokter seluruh Indonesia.

Ketua IDI Cabang Kota Cirebon, Dr H M Edial Sanif SpJP FIHA mengatakan, kemarin (Senin 24 Oktober 2022) PB IDI bekerjasama dengan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla pada puncak HUT IDI ke-72 bertemu di Bandung membahas tentang kemanusiaan.

Hadirnya IDI, kata Edial, buat anggota untuk anggota. Karenanya, anggota IDI merasa memiliki Berbhakti untuk Negeri Mengabdi untuk Rakyat, Satu IDI Terus Maju 24 Oktober 1950-24 Oktober 2022.

BACA JUGA:Kecelakaan Tol Cipali Hari Ini Rabu 26 Oktober 2022, Truk Terbalik

“Gebyar Donor Darah Dokter ini memecahkan rekor MURI karena digelar secara serentak oleh IDI Kota dan Kabupaten se-Indonesia, dan yang dihitung pada pemecahan rekor MURI ini donor darahnya khusus dokter. Masyarakat umum yang donor darah tetap diterima hanya yang dihitung sebagai rekor MURI adalah donor darah dari dokter,” bebernya.  

Selain donor darah, Edial menjelaskan, IDI juga menggelar khitanan masal yang diikuti sekitar 50 anak, pada Minggu (23/10), di RST Ciremai.

2

Ketua Panitia Gebyar Donor Darah Dokter Kota Cirebon, Dr Sulfianty Irfan MM mengatakan, hari ini (kemarin) adalah gebyar donor darah serentak IDI cabang kota dan kabupaten se-Indonesia menyambut HUT IDI ke-72.
Dikatakan Sulfianty, dokter adalah profesi berbasis pelayanan kepada masyarakat. Dan gebyar donor darah ini termasuk bagian dari pemecahan rekor MURI karena dilaksanakan serentak oleh IDI Kota dan Kabupaten se-Indonesia.

“Untuk Kota Cirebon target 50 peserta, rekor MURI ini live se-Indonesia dalam rangka Hari Bhakti IDI ke-114 dan HUT IDI ke-72,” ujarnya.

BACA JUGA:Hadapi Tantangan Ekonomi, BRI Siapkan 4 Skenario Mitigasi Risiko & Strategi

Sementara itu, Direktur RSD Gunung Jati, Dr Katibi menjelaskan, hari ini dilaksanakan gebyar donor darah dokter dan rangkaian HUT IDI ke-72. “Selamat HUT IDI ke-72 semoga semakin bisa menyehatkan masyarakat Kota Cirebon,” ujarnya.

Wakil Ketua IDI Cabang Kota Cirebon, Dr Priandana SpBS mengatakan, IDI Cabang Kota Cirebon memperingati ulang tahun ke-72, ingin membagi kebahagiaan.
Salah satunya dengan  menyelenggarakan acara untuk masyarakat dalam bentuk khitanan masal. Acara ini disambut baik oleh RST Ciremai. Begitu juga masyarakat, antusias dengan mempercayakan putra-putranya dikhitan di RST Ciremai.

Lebih jauh, Priandana menjelaskan, IDI memberikan tali kasih seperangkat peralatan sekolah, tumpeng dan uang kepada 50 anak yang dikhitan. “Khitanan masal ini digelar serentak oleh pengurus IDI Cabang se-Jawa Barat. Kebetulan ulang tahun IDI tahun ini tuan rumahnya Jawa Barat,” kata Priandana.

Selain khitanan masal, rencananya akan ada acara donor darah di RSD Gunung Jati. Donor darah digelar secara nasional. Bahkan nantinya, ada yang unik, yakni donor darah khusus dokter serentak se-Indonesia, akan memecahkan rekor MURI.

Selain donor darah, IDI juga akan menggelar webinar ilmiah tentang kanker payudara, dan olahraga bersama. Rencananya juga akan menggelar baksos pemeriksaan kesehatan.
Koordinator Khitanan Masal, dr Tresnawaty SpB menambahkan, tim medis yang diterjunkan sebanyak 25 orang. Semua dari RST Ciremai, terdiri dari dokter, perawat dan farmasi. “Usia termuda yang dikhitan 18 bulan, dan tertua usia 14 tahun,” ungkap Tresnawaty.

Kategori :