Viral Air Terjun dari Langit di Bekasi Disebut Microburst, Apa Itu?

Rabu 09-11-2022,16:26 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

Radarcirebon.com, BEKASI - Fenomena air terjun dari langit atau Microburst terjadi di Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 9, November 2022.

Pada video yang viral di media sosial, terlihat jelas air hujan yang begitu deras sehingga terlihat seperti air terjun yang jauh dari langit Kabupaten Bekasi.

BMKG menjelaskan bahwa fenomena air terjun dari langit yang terjadi di Bekasi adalah microburst.

Dari video yang beredar di media sosial, fenomena alam tersebut terjadi di Cikarang Timur, atau dekat Stadion Wibawa Mukti Bekasi.

BACA JUGA:Twibbon Hari Pahlawan Nasional 2022 Keren, Link Gratis dan Banyak Pilihan

BACA JUGA:4 Obat Sirup PT Samco Farma dan PT Ciubros Farma Ditarik BPOM, Bunda Coba Dicek

Warga yang merekam menyebutkan bahwa air hujan turun begitu deras, tetapi hanya di satu titik lokasi saja. Sementara di sekitarnya air turun dengan normal.

2

perekam memvideokan ke arah pagar yang juga terdapat sebuah sepeda motor. Air terlihat turun begitu deras seperti air terjun.

"Ini air terjun yang turun dari langit ini. Air mancurnya cuma di situ saja. Ini langsung dari langit ini air terjunnya. Cuma di situ doang. Ngeri nggak tuh," kata perekam.

Lalu, apa sebenarnya microburst itu? Melansir ensiklopedia Britanica, dijelaskan bahwa fenoma tersebut terjadi karena pola angin kencang yang turun dari awan hujan, menghantam tanah, dan menyebar secara horizontal.

BACA JUGA:Download Logo Desain Hari Pahlawan 2022 Lengkap Ada Format PNG, Vector, PDF dan JPEG

BACA JUGA:Pemesan Video Kebaya Merah Dikejar Polisi, Ternyata Bayar Segini

Microbursts berumur pendek, biasanya berlangsung dari sekitar 5 sampai 15 menit, dan relatif kompak, biasanya mempengaruhi area dengan diameter 1 sampai 3 km (sekitar 0,5 sampai 2 mil).

Fenomena ini, sering terjadi tetapi tidak selalu dikaitkan dengan badai petir atau hujan lebat.

Dengan menyebabkan perubahan tiba-tiba dalam arah atau kecepatan angin—suatu kondisi yang dikenal sebagai wind shear  atau semburan mikro.

Kategori :