Sekolah Ibnu Khaldun Gelar Seminar Parenting di Hari Ibu

Sabtu 24-12-2022,10:00 WIB
Reporter : Ade Gustiana
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - TKIT dan SDIT Ibnu Khaldun di Desa Panambangan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, menyelenggarakan seminar parenting dalam rangka memperingati hari ibu, Kamis (22/12). Serta rangkaian kegiatan program kerja tahunan yang bertajuk Child Development.

Kegiatan itu dihadiri 150 orang tua/wali murid. Dipandu konselor/direktur Klinik Tabularasa Ifan Alwy MPsi. Ifan mengatakan, orang tua mempunyai cara sendiri dalam menafsirkan kemampuan, keterampilan atau kekurangan anak.

"Kita sebagai orang tua harus memahami psikologi anak dengan baik. Agar kita dapat mengasuh dengan baik, tidak ada salahnya orang tua belajar memahami psikologi anaknya masing-masing," paparnya.

Dijelaskan, untuk bisa memahami psikologi anak, orang tua harus selalu mendengarkan pendapat anak. Banyak bercerita dengan anak dan memahami tipe emosi anak. "Jangan memaksa anak dan ketahuilah kebutuhan anak," ungkap Ifan.

BACA JUGA:Ditpolairud Polda Jabar Amankan Wisata Perairan dan Pantai saat Nataru

Parenting merupakan metode yang tepat bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak. Parenting bukan sekadar mengasuh anak. Orang tua dituntut mendidik, membimbing dan melindungi setiap perkembangan anak. Tujuan parenting, kata Ifan, meningkatkan kesadaran orang tua bahwa mengasuh anak perlu pengetahuan dan tidak boleh sembarangan.

Kemudian, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam hal pengasuhan. Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah. "Parenting merupakan metode yang tepat bagi orang tua dalam pembentukan karakter anak," tukasnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Manshur Al Makki, Dr Taufik Ridwan MHum, berterimakasih kepada seluruh orang tua murid yang telah percaya dan bergabung menjadi bagian dari keluarga besar sekolah Ibnu Khaldun yang dibangun oleh perusahaan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Cirebon dan Indonesia.

Taufik mengapresiasi manajemen Syntax Foundation yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. "Mohon doa dan dukungannya kepada seluruh orang tua murid karena di tahun depan Syntax akan mendirikan perguruan tinggi Politeknik SCI di Desa Panambangan," ucap Taufik yang juga Presiden Komisaris Syntax Corporation Indonesia, dalam sambutannya.

BACA JUGA:Dampingi Kakorsabhara Baharkam Polri, Kapolresta Cirebon Pantau Posyan Weru Operasi Lilin Lodaya 2022

Kepala SDIT Ibnu Khaldun, Siti Humairoh  SPd mengatakan, tumbuh kembang anak sangat membutuhkan perhatian dan pendampingan lebih orang tua. Kegiatan ini, katanya, bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pola asuh/didik kepada orang tua.

"Agar nantinya bisa menciptakan anak-anak yang berkualitas," pungkas kepala SDIT Ibnu Khaldun yang merupakan salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Digital Services Living Lab: Dari Sumedang untuk Jabar



Kategori :