Menteri PUPR ke Tol Cisumdawu, Yakin Target Mudik Tercapai

Minggu 02-04-2023,16:00 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

SUMEDANG RADARCIREBON.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono kembali melakukan peninjauan proyek Tol Cisumdawu. Dari pantauan yang dilaksanakan, ditegaskan bahwa ruas tol ini bisa dipakai untuk mudik. 

Basuki meninjau pembangunan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan. Kemudian menyoroti beberapa pekerjaan yang masih belum selesai. 

Diantara pekerjaan tersebut adalah penyelesaian pembangunan 3 jembatan dengan total panjang 1,90 kilometer yakni Jembatan Kedondong 744 meter, Conggeang 636 meter dan Gunung Puyuh 204,32 meter. 

Yang disebut terakhir adalah hasil perubahan konstruksi dari jalan menjadi jembatan, karena kejadian longsor pada ruas Seksi 5B menjelang akhir Bulan Februari 2023.

BACA JUGA:Resmi, Abdul Jamil Latief Menjadi Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon

Pengerjaan jembatan tersebut memakan waktu 45  hari, meski tidak menutup kemungkinan bakal butuh waktu lebih lama. Tetapi, sebagian jembatan yakni sisi kiri arah Majalengka sudah memasuki pengecoran pier. 

Dari Seksi 5B kemudian berlanjut ke lokasi pembangunan Jembatan Kedondong sepanjang 744 meter, Jembatan Conggeang 636 meter dan berakhir di Seksi 4 Legok - Paseh.

2

Di Seksi 4 ini, konstruksi sudah mencapai 98,4 persen di Seksi 4B. Tetapi di Seksi 4A sudah selesai dan ruas jalan dapat dilintasi kendaraan.

Praktis, dari progres ini, Tol Cisumdawu hanya menyisakan konstruksi di Seksi 5. Sedangkan di Seksi 4 dan 6 sudah diselesaikan dan dipastikan dapat dilintasi kendaraan.

BACA JUGA:KPPN Cirebon Sambangi UMC, Tularkan Literasi Finansial

Seperti diketahui, Tol Cisumdawu saat ini sudah beroperasi sepanjang 32,55 kilometer yakni di Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan Jalan Tol Cisumdawu telah beroperasi sejak Januari 2022.

Serta Seksi 2 Pamulihan - Sumedang dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka telah beroperasi sejak Desember 2022.

Dalam kunjungan lapangan kali ini, Menteri Basuki juga meninjau Jalan Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II Selatan yang juga direncanakan fungsional untuk jalur Lebaran 2023 mulai dari Simpang Susun (SS) Sadang - SS Kutanegara - Taman Mekar – Jalan Pangkalan sepanjang 28,75 Km.

Basuki juga menyatakan, kedatangannya untuk kembali melihat progres pembangunan Tol Cisumdawu yang rencananya akan dioperasikan untuk arus mudik dan balik.

BACA JUGA:PRIHATIN! Tabungan Anak TK di BPR KR Indramayu Belum Bisa Kembali, Bupati Nina: Doakan Terselesaikan

Kategori :