Pengurus Forko Pancer Resmi Dikukuhkan. Dido: Aktif Lestari Sejarah, Seni dan Budaya

Senin 10-04-2023,15:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Sebanyak 30 orang pengurus Forum Komunikasi Pecinta Sejarah, Adat, Seni, dan Budaya Cerbon (Forko Pancer) dikukuhkan.

Pengukuhan tersebut berlangsung di ruang Paseban Keraton Kacirebonan oleh Raden Agus Zulkarnaen selaku Staf Khusus Keraton Kacirebonan, Minggu (9/4/2023).

Ketua Forko Pancer R Dian Andhiawan Seminingrat kepada radarcirebon.com mengatakan, Forko Pancer merupakan lembaga binaan Kesultanan Kacirebonan yang ditetapkan dengan SK Kesultanan Kacirebonan No. 075/SKK-SK/IV/2023 tanggal 3 April 2023.

"Forko Pancer ini merupakan perkumpulan para penggiat dan pencinta sejarah, adat, seni, dan budaya yang bertempat di Kota Cirebon. Forko Pancer dibentuk pada tanggal 17 Januari 2022 yang awalnya merupakan perkumpulan Ngopi Gaul (Ngobrol Pintar Gaul) yang biasa berkumpul di Warung Gomes Kasepuhan Cirebon yang selalu berdiskusi mengenai masalah sejarah, adat, seni, dan budaya Cirebon,"katanya.

BACA JUGA:Generasi Muda Jangan Golput! Rickie Ajak Gunakan Hak Suara di Pemilu 2024

BACA JUGA:TERNYATA Muhammad Adil bisa Kalahkan Sunjaya, Dalam Hal Apa?

Menurut pria yang akrab disapa Dido ini, Forko Pancer selalu terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian seni dan budaya baik yang diselenggarakan oleh masyarakat maupun oleh lembaga adat dan kesultanan yang ada di Cirebon.

"Beberapa pengurus Forko Pancer juga aktif dalam pembekalan sejarah, adat, seni, dan budaya Cirebon khusunya mengenai Keraton di Cirebon. Saat ini Forko Pancer mengelola media sosial Facebook dengan anggota sekitar 2,7 ribu yang aktif berdiskusi mengenai sejarah, seni, adat, dan budaya Cirebon, termasuk juga Instagram dan WAG,"ujarnya

Diungkapkan Dido, dalam waktu dekat Forko Pancer akan menggelar sejumlah kegiatan.

"Pada tanggal 30 April 2023 kamj akan mengadakan Halal Bihalal dan Pentas Seni Budaya Cirebon. Kemudian seminar sejarah adat dan budaya Cerbon. Dan juga seminar Cirebon dalam Kajian Arkeologi,"ungkapnya.

BACA JUGA:Fantastis, Ini Harta Kekayaan Sunjaya yang Diduga hasil Korupsi saat Menjabat Bupati Cirebon

BACA JUGA:Pindah Rute Penerbangan dari Bandung ke BIJB Kertajati Mulai Kapan? Simak Penjelasan Menhub

Dido berterimakasih kepada Keraton Kacirebonan yang telah mendukung Forko Pancer sebagai wadah atau kumpulan para penggiat sejarah, adat, seni dan budaya agar tetap melestarikan nilai-nilai moral para leluhur Cirebon.(rdh)

Kategori :