KSOP Buka Posko Lebaran

Rabu 19-04-2023,14:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Lebaran Idul Fitri yang sibuk tidak hanya angkutan darat, akan tetapi sektor laut juga tidak kalah sibuk.

Seperti halnya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Cirebon, selama arus mudik dan arus balik membuka posko lebaran di kantor KSOP. Humas KSOP, Danny Jaelani menjelaskan selama arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri, KSOP Kelas II Cirebon membuka posko lebaran.

Pembukaan posko lebaran ini, kata Danny Jaelani sebenarnya lebih kepada antisipasi terhadap hal hal yang biasa saja terjadi setiap saat di laut selama arus mudik dan arus balik.

Masih kata Danny, Meski pelabuhan Cirebon tidak ada aktivitas kapal penumpang dan hanya ada kapal barang, akan tetapi sesuai instruksi dari menteri perhubungan tetap diminta membuka posko lebaran.

BACA JUGA:Kapolresta Cirebon Lepas Pemberangkatan Mudik Gratis ke Semarang dan Tegal

BACA JUGA:Perempatan Kanggraksan Arah Kota Cirebon Ditutup, Akan Dibuka Kalau Sudah Lengang

"Memang tidak ada aktifitas kapal penumpang di pelabuhan Cirebon, tapi posko lebaran ini tetap harus buka," kata Danny.  Lebih jauh Danny menjelaskan, KSOP Cirebon memahami mengapa tetap harus membuka posko lebaran, karena antisipasi jika terjadi sesuatu dilaut maka KSOP bisa membantu penanganan.

2

Apalagi ketika terjadi insiden di laut, penangannya tidak semudah kecelakaan transportasi di darat, karena di laut harus melibatkan berbagai pihak mulai dari SAR, TNI, Polairud dan melakukan misi penyelamatan di laut harus spesifik dan biayanya mahal.

"Jangan dikira mudah, justru insiden di laut itu lebih rumit, lama dan biayanya mahal, maka Standar operasional prosedur harus benar benar ditaati dan zero insiden," tandasnya. Untuk posko lebaran, KSOP menyiapkan petugas yang berjaga secara bergantian, sehingga perkembangan setiap saat selalu termonitor dengan baik.

"Berharap selama arus mudik di laut berjalan akan dan lancar," terangnya. Disinggung apakah mudik gratis melalui laut khususnya kendaraan bermotor ada di pelabuhan Cirebon, Danny menjelaskan di pelabuhan Cirebon tidak ada kapal pengiriman kendaraan dari  jakarta. "Di Cirebon tidak ada, kemungkinan pelabuhan Semarang atau Surabaya," pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:Prajurit TNI yang Gugur di Papua Berasal dari Yonif 321 Galuh Taruna Majalengka, Karna: Turut Berduka

BACA JUGA: MANTAP! Jemaah Haji Cirebon Raya Barangkat dari Bandara Kertajati Majalengka, Terbang dengan Saudia Airlines i

Kategori :