Dua Prodi IPB Cirebon Terima Hibah PKKM

Selasa 02-05-2023,10:30 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Dua Program Studi (Prodi) Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon), berhasil memenangkan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM). Melalui Hibah ini, IPB Cirebon berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dengan penambahan sarana dan prasarana penunjang kompetensi lulusan.

Untuk diketahui, PKKM adalah program pengembangan perguruan tinggi yang ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi perguruan tinggi melalui pencapaian delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Kompetisi ini terbagi dalam tiga liga, yaitu liga-1 (untuk perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa di atas 18.000 dan mengikutsertakan lima program studi). Liga-2 (perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa 5.001 - 18.000 dan tiga program studi). Dan Liga-3 (perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa 1.000 – 5.000 dan dua program studi).

Wakil Rektor Bidang Akademik IPB Cirebon, Metta Mariam SKom MPd mengatakan, IPB Cirebon sendiri ikut dalam kompetisi liga-3 dengan mengajukan dua dari lima prodi yang ada di IPB Cirebon.

BACA JUGA:Iin Kristina, Ketua LPM Kelurahan Pekalangan Maju Sebagai Bacaleg Karena Ada Aspirasi Yang Tersumbat

BACA JUGA:Promosikan Potensi Wisata, Disparbud Jabar Latih 1000 Warga Lokal Jadi Content Creator

Prodi yang diajukan adalah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Prodi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK). Di mana, keduanya dinyatakan layak untuk menerima hibah dari Kemendikbud Ristek.

"Alhamdulillah dua prodi yang kita ajukan, semuanya lolos," ungkap Metta kepada Radar Cirebon.

Metta menuturkan bahwa PKKM telah memberikan angin segar bagi kampus-kampus yang ingin berkembang dan meningkatkan kualitasnya baik di bidang pengajaran maupun kualitas SDM-nya. Program tersebut menjadi motivasi bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, peningkatan kompetensi dosen, dan mendorong link and match antara Pendidikan dengan dunia kerja.

Khusus untuk IPB Cirebon, hibah tersebut nantinya akan digunakan untuk sejumlah program. Di antaranya, pengadaan Laboratorium Micro Teaching dan Laboratorium Jaringan Komputer serta peningkatan kompetensi untuk tenaga pendidik dan kependidikan.

BACA JUGA:Ngeri! Bukan di Hanura, Ternyata Wiranto Siapkan 100 Kader Terbaiknya untuk Nyaleg di PPP

BACA JUGA:Soal Kematian AKBP Buddy Alfrits Towoliu, Kapolres Metro Jakarta Timur Beberkan Kronologisnya

Dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana itu, diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas pelayanan akademik. Selain itu, peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan sertifikasi tenaga pendidik dan kependidikan juga dapat meningkatkan kompetensi lulusan IPB Cirebon.

"Selain peningkatan kompetensi lulusan, kita juga berharap adanya peningkatan dalam akreditasi. Karena, keberadaan Laboratorium Micro Teaching dan Laboratorium Jaringan Komputer itu menjadi poin dalam akreditasi. Mudah-mudahan dari yang sebelumnya Baik menjadi Unggul dalam akreditasinya," demikian dikatakan Metta.(awr/opl)

BACA JUGA:Enggan Komentari Kisruh Rumah Tangga Nikita Mirzani, Fitri Salhuteru Malah Bilang Begini

BACA JUGA:Kemuningkan Tersangka kasus Ujaran Kebencian Terhadap Muhammadiyah Bertambah

Kategori :