Harga Kepokmas Masih Tinggi, Disdagin Kab Cirebon: Permintaan Banyak, Jumlah Barang Tetap

Kamis 06-07-2023,04:00 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Moh Junaedi

CIREBON, RADARCIREBON.COM –  Meski sudah hampir satu pekan berlalu pasca Idul Adha, harga-harga kebutuhan masyarakat di pasar tradisional masih cukup tingggi.

Harga komoditas pokok, seperti daging ayam ras, telur, dan juga berbagai jenis cabai enggan turun.

BACA JUGA:Banyak Prestasi, Anthony Sinisuka Ginting Diangkat Jadi PNS: Terima Kasih

Kepala Bidang Perdagangan dan Pengendalian Barang Pokok dan Penting Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Cirebon, Sidik Wibowo menjelaskan, masih tingginya barang kebutuhan pokok itu karena permintaan terhadap suatu komoditas masih tinggi. Sedangkan, jumlah ketersediaan barang tidak bertambah alias tetap.

“Sementara masyarakat cenderung mengkonsumsi barang yang sama," kata Sidik Wibowo.

Disebutkan, sejumlah komoditas yang harganya masih tinggi, antara lain cabai merah masih di kisaran Rp34 ribu/kg sampai Rp35 ribu/kg.

BACA JUGA:Ratusan Knalpot Bising Hasil Razia Polres Cirebon Kota Dihancurkan

Begitu pula cabai merah kriting dan cabai rawit merah berada di harga Rp35 ribu/kg. Sementara itu, cabai rawit hijau masih berada di harga Rp40 ribu/kg

Kemudian, daging ayam ras masih dijual di harga Rp38 ribu/kg, daging sapi dijual Rp 135.000/kg, ikan kembung Rp32 ribu/kg, dan telur ayam negeri dijual dengan harga Rp31 ribu/kg.

Begitu pula, harga bawang merah yang masih berada di angka Rp40 ribu/kg, bawang putih di harga Rp36 ribu/kg, dan bawang kating Rp40 ribu/kg.

BACA JUGA:Atalia Praratya Terpilih Jadi Ketua ISKI Jabar

Sementara untuk harga beras semi premium di harga Rp12 ribu/kg. Beras premium 1 berada di angka Rp13 ribu/kg. Sedangkan untuk beras medium di kisaran Rp11 ribu/kg.

Untuk harga kedelai di kisaran Rp15 ribu/kg. Kemudian, gula pasir Rp14 ribu per kilogram (kg). Minyak goreng curah di harga Rp14 ribu/kg, minyak goreng kemasan tropical di harga Rp18.500 sampai Rp20 ribu dalam kemasan satu liter.

BACA JUGA:Program Garuda Select U-17 Kembali Dimulai, Ini Targetnya

Setelah itu, tepung terigu curah di harga Rp10 ribu/kg, tepung terigu kemasan segitiga biru Rp12 ribu/kg, gas elpiji 3 Kg di harga Rp19 ribu   sampai Rp20 ribu, dan garam dapur halus Rp2000.

“Harga komoditas sembako tersebut berdasarkan dari laporan di Pasar Pasalaran yang didata pada hari Selasa 4 Juli 2023,” tutur Sidik. (cep)

Kategori :