Kapak Kuda: Air Terjun Bertingkat, Tersembunyi di Pedalaman Majalengka

Sabtu 02-09-2023,05:36 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

RADARCIREBON.COM - Mengeksplorasi wisata di Kabupaten Majalengka memang menarik. Apalagi tempat-tempat yang belum dikenal banyak orang. Salah satunya adalah Curug Citerus.

Curug Citerus memang indah. Lokasinya berada di pedalaman Majalengka bagian selatan. Orang setempat lebih mengenal sebagai Curug Kapak Kuda.

Curug ini memang masih sepi. Belum dikenal banyak orang. Karena itu, belum banyak pula yang mengunjungi curug tersebut.

Lokasinya pun masih lumayan “perawan”. Untuk sampai ke curug atau air terjun itu, harus berjuang melalui jalan setapak. Di antaranya harus berjalan melewati pematang sawah. 

BACA JUGA:PECAH REKOR! 6.023 Pelajar Berkompetisi di Energen Champion SAC Indonesia 2023 Sumatera Qualifiers

Yang paling menarik di Curug Kapak Kuda karena memiliki air terjun yang bertingkat. Ketinggian air terjun tersebut, sekitar 20 meter.

Dengan dua tingkatan air terjun, membuat panorama alam di sekitar Curug Citerus sangat menawan. Cocok untuk tempat rekreasi alam bebas bagi yang suka tantangan.

2

Jika ingin ke Curug Kapak Kuda, sebaiknya jangan pada saat musim kemarau. Karena air terjun yang satu ini hanya ada ketika musim penghujan. Saat musim kemarau air terjun ini akan kering.

Curug ini berada di Majalengka bagian Selatan. Tepatnya di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih. Curug itu persis berada di perbatasan Desa Sadawangi dengan Desa Dayeuhwangi.

BACA JUGA:FIFA Luncurkan Logo Piala Dunia U-17, Bacuya Tetap Jadi Maskot

Kecamatan Lemahsugih memang sebagai salah satu daerah pengembangan objek wisata alam. Tempat itu menjadi tempat tujuan wisata di Kabupaten Majalengka, terutama di bagian selatan.

Selain merupakan daerah pegunungan yang memiliki udara sejuk, Lemahsugih juga memiliki banyak objek wisata alam yang sangat menjanjikan.

Selain Curug Tapak Kuda, ada taman Dinosaurus di Desa Lemahputih. Juga ada kawasan perkebunan teh di Culamega.

Curug Citerus bila ditata secara optimal, tidak menutup kemungkinan menjadi salah satu tujuan wisata alam favorit di Kecamatan Lemahsugih.

BACA JUGA:Drawing Piala Dunia U-17 Akan Berlangsung di Zurich Swiss, Indonesia Masuk Pot Man Ya?

Kategori :