Apalagi jika sudah sampai Kamarang, lebih enak lagi. Sudah bertemu dengan jalur lama Sindanglaut-Kuningan. Jalur tersebut sudah lumayan lebar. Mungkin tinggal tinggal dipikirkan di beberapa tempat yang sempit saja.
Sebenarnya praktis kerja keras pembuatan jalan adalah dari Ciperna ke Nanggela saja. Kemudian dari Nanggela - Kamarang - Caracas tingggal pelebaran dan pembenahan saja.
Ada beberapa keuntungan rencana jalan baru rute Ciperna - Nanggela - Kamarang, antara lain adalah:
Pertama, relatif dekat. Karena tahap pertama yang harus dibangun ini tidak terlalu jauh. Walau benar baru ada jalan setapak. Bahkan sebagian buntu.
BACA JUGA:Marc Klok Mendadak Dikabarkan Absen Lawan Persebaya, Ambisi Persib Bandung Bisa Buyar
Anggap saja Ciperna - Nanggela ini sebagai rencana tahap pertama. Seandainya baru tahap pertama saja yang kelar, jalan sudah bisa digunakan. Setidaknya bisa menjadi jalan alternatif.
Jalur tersebut sudah bisa mengurangi beban kepadatan jalan raya Cirebon-Kuningan. Terutama di sepanjang tanjakkan Gronggong yang sering krodit.
Kedua, bisa membuka pengembangan daerah baru. Karena antara jalur Ciperna ke Nanggela tersebut nyaris terisolasi. Hanya kendaraan tertentu saja yang bisa melewati jalur tersebut. Itupun juga orang-orang tertentu yang sudah terbiasa lewat.
Banyak tanah kosong tanpa penghuni di rute Ciperna-Nanggela. Padahal daerah itu tak jauh dari Jalan Tol Palimanan-Kanci. Juga dekat dengan Kota Cirebon.
BACA JUGA:Bobotoh Siap-Siap Kecewa, Tyronne Beri Sinyal Kembali, Madinda Angkat Kaki?
Ketiga, banyak pariwisata menarik jika bisa membuka jalur Ciperna - Nanggela. Setidaknha ada tiga tempat pariwisata menarik di sekitar lokasi terisolasi itu. Ada Setu Patok, Talaga Langit dan Bukit Cinta Anti Galau.
Keempat, bukan hanya pariwisata saja yang berpotensi dibuka di jalur itu. Lokasi kuliner juga sangat potensial. Karena jalur tersebut berada di ketinggian dengan pemandangan Cirebon dan Laut Jawa.
Kelima, jika nanti tembus dengan jalan Sindanglaut-Caracas, jalur itu akan tambah ramai. Jalur ini bisa dilebarkan dan bersaing dengan Jalan raya Cirebon - Kuningan via Geronggong. Secara otomatis juga akan mengurangi beban jalan raya Cirebon - Kuningan.
Keenam, Kabupaten Cirebon bisa banyak diuntungkan dengan adanya jalur baru Ciperna - Nanggela - Kamarang - Caracas tersebut. Karena jalur itu akan lebih banyak melalui wilayah Kabupeten Cirebon ketimbang Kabupayen Kuningan.
BACA JUGA:Kemiskinan Ekstrim Kabupaten Cirebon Tembus 81 Ribu Jiwa
Seperti diberitakan, selain proyek jalan tol yang menghubungkan Tol Cipali dan Tol Getaci, Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Cirebon juga sedang membahas proyek bersama.