JAKARTA , RADARCIREBON.COM – Kebutuhan finansial bagi masyarakat di wilayah pelosok Indonesia semakin tinggi seiring pemerataan dan inklusi yang menjadi tujuan bersama. Oleh karena itu peran agen bank semakin signifikan dalam menyediakan akses dan layanan keuangan formal bagi nasabahnya.
Kenyataan tersebut menjadi tanggung jawab bagi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI melalui kehadiran AgenBRILink di seluruh penjuru negeri terutama daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Hari ini, selama tahun 2023, tercatat peningkatan signifikan baik dari jumlah agen maupun volume transaksi.
Gambarannya, mengawali tahun 2023, AgenBRILink berjumlah lebih dari 627 ribu agen, sampai pada akhir Desember 2023 jumlah AgenBRILink menjadi lebih dari 740 ribu agen. Artinya sebanyak lebih dari 100 ribu agen baru bertambah selama 2023.
Jumlah ini juga melampaui target yang telah ditetapkan BRI pada awal tahun. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama BRI Sunarso yang menargetkan penambahan jumlah AgenBRILink sebanyak 25 ribu agen di akhir tahun 2023. Pada kenyataannya, jumlah agen bertambah 5 kali lipat dari yang ditargetkan.
BACA JUGA: Hujan Lebat Guyur Kota Bandung, Sungai Cikapundung Meluap, Braga dan Tamansari Banjir
Pencapaian gemilang juga terwujud dalam volume transaksi AgenBRILink selama tahun 2023. berjumlah lebih dari Rp1,4 Kuadriliun atau tepatnya Rp1.427 triliun terjadi selama periode ini. Meningkat lebih banyak dari periode tahun 2022 yakni Rp1,3 kuadriliun.
“Angka luar biasa ini menunjukkan komitmen BRI dalam mengakselerasi akses produk perbankan di masyarakat. Di sisi lain, hal ini juga menunjukkan pemerataan transformasi keuangan bagi masyarakat daerah karena proses bisnis di AgenBRILink adalah hybrid atau cenderung digital,” ucap Sunarso.
Sunarso menambahkan, Hybrid bank atau perpaduan pengembangan digitalisasi di perbankan sambil terus menyediakan layanan konvensional menjadi strategi BRI. Mengingat, fokus BRI yang menekankan sektor informal hingga usaha mikro melalui Holding Ultra Mikro.
Strategi ini dinilai Sunarso sebagai keberhasilan meningkatkan akses masyarakat di daerah terhadap produk perbankan. Kedepannya, BRI dan BRI group bisa membuka peluang baru bagi produk lainnya selain dari tabungan. “Maka kita kembangkan hybrid bank, kita digitalkan core-nya, ekosistemnya kita rangkai secara digital, dan digital proposition-nya kita perkuat,” sambung Sunarso.
BACA JUGA: 7 Tempat Nongkrong Malam di Cirebon yang Seru, Ada yang 24 Jam Nonstop
Dalam pelaksanaannya, AgenBRILink selalu siap melayani kebutuhan masyarakat meskipun dalam masa hari libur. Hadirnya AgenBRILink juga dapat memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat Indonesia melalui fitur-fitur yang sudah disediakan.
Fitur-fitur yang dapat dinikmati antara lain pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, telepon, pembelian pulsa, pembayaran cicilan, top-up BRIZZI, setoran pinjaman, memberikan layanan referral pembukaan rekening tabungan BSA dan pinjaman, serta transaksi lainnya.
Belum lagi adanya pengembangan fitur AgenBRILink sebagai wujud memaksimalkan layanan untuk seluruh kebutuhan masyarakat.
Kini melalui AgenBRILink, masyarakat sudah bisa melayani penjualan asuransi mikro, tarik tunai dari luar negeri, pembelian voucher games, serta melayanai kebutuhan perjalanan dengan layanan pembelian tiket bus, shuttle dan Ferry.
BACA JUGA: 5 Urutan Zodiak Paling Mudah Tersinggungan dan Baper