7 Kegunaan Buah Naga untuk Perawatan Ibu Hamil

Minggu 28-01-2024,10:30 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

RADARCIREBON.COM  Banyak orang menyukai buah naga karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Kandungan nutrisi dalam buah ini pun banyak. Bagi ibu hamil, manfaat buah naga cukup beragam, sehingga buah ini cocok dijadikan salah satu pilihan camilan sehat. 

Sebanyak 170 gram buah naga, terkandung sekitar 2 gram protein, 22 gram karbohidrat, dan 5 gram serat. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin A dan C, kalsium, zat besi, magnesium, serta nutrisi lain yang penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil. 

7 Manfaat Buah Naga

Dari berbagai kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah naga, dapat dikatakan bahwa buah ini bisa jadi bagian dari menu sehari-hari ibu hamil. Berikut ini manfaat buah naga bagi ibu hamil yang sayang untuk dilewatkan:

1. Melancarkan Pencernaan

Ibu hamil sering mengalami gangguan pencernaan, seperti sembelit atau diare. Nah, kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah naga, karena buah ini tinggi kandungan seratnya.

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

2

Masalah kesehatan yang dialami ibu hamil sedikit banyak dapat berdampak pada janin dalam kandungan. Oleh karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh tetap optimal, salah satunya dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga mengandung vitamin C, yang berperan penting dalam mengoptimalkan sistem imun tubuh. 

3. Mencegah Anemia

Manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah anemia. Hal ini karena buah naga mengandung zat besi. 

Menurut studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information, zat besi membantu meningkatkan kemampuan darah dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dengan menaikkan kadar hemoglobin.

BACA JUGA:Komitmen Optimalisasi Pendapatan Daerah

4. Memperkuat Tulang

Seperti dijelaskan tadi, salah satu nutrisi yang terkandung dalam buah naga adalah kalsium. Itulah sebabnya, buah naga punya manfaat untuk memperkuat tulang ibu dan janin yang sedang berkembang dalam kandungan. 

5. Menurunkan Risiko Cacat Lahir

Kategori :