Komisi I: Butuh Kompetensi dalam Pengelolaan BUMDes

Sabtu 11-05-2024,14:00 WIB
Reporter : Samsul Huda
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Pusat perekonomian harus mulai dibangun di tingkat desa. Kegiatan itu dalam rangka menumbuhkembangkan kegiatan ekonomi masyarakat desa.

Salah satunya didorong melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Yang pengelolaannya mesti terarah. Namun, kepengurusan itu juga perlu dikelola orang-orang kompeten.

Demikian disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon, Sofwan ST kepada Radar Cirebon, kemarin. Menurutnya, diakui atau tidak kepengurusan BUMDes di Kabupaten Cirebon masih banyak yang layu sebelum berkembang.

Maka, BUMDes harus dikelola oleh orang-orang yang memiliki kreativitas dan tanggung jawab yang tinggi.
“Artinya, butuh keseriusan dari pemerintah desa dalam mendorong pengelolaan BUMDes yang terarah dan memilik kompetensi. Karena sejauh ini, alasan BUMDes banyak yang tidak aktif disebabkan karena pemerintah desa tak memilih pengurus yang berkompeten,” ujar pria yang akrab disapa Opang itu.

BACA JUGA:Ternyata Kota Cirebon Sejak Dulu Terkenal Kumuh, Koran Hindia Belanda Sebut Distrik Cangkol Tak Layak Huni

Sehingga, wajar ketika sampai hari ini dari total BUMDes yang berdiri, terhitung jari BUMDes aktif dan berhasil memperoleh profit. Sebab, Sebagian masih bingung untuk menentukan unit usaha yang akan dilakukan, bahkan masih kesulitan mengurusi legalitasnya.

“Makanya di dalam Perda terbaru itu telah terkandung pasal yang membahas tentang kriteria calon pengurus BUMDes. Kami di Komisi I selalu mengimbau agar desa-desa kalau BUMDes itu harus dikelola orang-orang yang tepat,” terangnya.

2

Politisi Partai Gerindra itu berpendapat, agar BUMDes bisa berkembang setidaknya harus mampu melihat potensi dan kemampuan melakukan kerja sama.

Opang mencontohkan, ketika desa memiliki sumber daya alam yang memadai untuk dijadikan objek wisata, maka pengurus BUMDes bisa bekerjasama dengan dinas pariwisata maupun pihak ketiga untuk membantu mengelolanya.
Dengan begitu, tambah Opang, BUMDes di Kabupaten Cirebon bisa terus berkembang, berpikir kreatif dan inovatif. Alasannya, BUMDes dapat menjadi lokomotif desa agar lebih mandiri.

BACA JUGA:Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon dan Smartfren Gelar Seminar Nasional, Ini Temanya

“Sebenarnya setiap tahun harapan kami dari Komisi I tetap sama, BUMDes di Cirebon bisa semakin berkembang, kreatif, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa,” tandasnya. (sam)

Kategori :