NU dan Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha pada Hari Senin 17 Juni 2024 Mendatang

Sabtu 08-06-2024,09:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

Diketahui, terdapat 58 titik rukyah dalam jejaring LFNU yang tersebar di Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Bangka Belitung, dan Aceh.

Sementara, PP Muhammadiyah sudah jauh-jauh hari mengumumkan penetapan 1 Zulhijjah 1445 H dan Idul Adha 1445 H.

Dalam keterangan yang dilansir pada laman utama Muhammadiyah, Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhamad Sayuti bahwa penetapan awal Zulhijjah 1445 H dilakukan berdasarkan perhitungan yang disebut Hisab Hakiki Wujudul Hilal. 

BACA JUGA:Penjabat Wali Kota Cirebon Sebut Munculnya PSU di Pegambiran Karena Faktor Ini

Perhitungan ini melibatkan beberapa kriteria yang ketat, di antaranya adalah: pertemuan atau konjungsi bulan sebelum matahari terbenam, matahari terbenam terlebih dahulu dari bulan (dengan moonset setelah sunset), dan saat matahari terbenam, hilal sudah jelas terlihat di atas ufuk, tak peduli seberapa tingginya.

“Berpegang teguh pada kriteria tersebut, Muhammadiyah menetapkan bahwa awal Zulhijah 1445 H akan jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024."

"Keputusan ini telah disampaikan untuk memastikan umat Islam dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan amalan-amalan khusus yang terdapat dalam bulan yang mulia ini,” jelas Sayuti.

BACA JUGA:Ketua KNPI Kota Cirebon: Dispora Tidak Berpihak pada Pemuda

2

Perhitungan yang teliti juga memastikan bahwa Hari Arafah, yang merupakan tanggal 9 Zulhijah 1445 H, jatuh pada Ahad, 16 Juni 2024. 

Sedangkan Hari Raya Idul Adha, yang terjadi pada tanggal 10 Zulhijah 1445 H, diperingati pada Senin 17 Juni 2024. (*)

Kategori :