Dispora dan Koni Akan Gelar Porkab dan Tarkam

Jumat 12-07-2024,10:00 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

SUMBER, RADARCIREBON.COM - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksankan rapat koordinasi dengan Komitme Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cirebon, Kamis (11/7/2024). Rakor tersebut terkait akan digelarnya pekan olahraga kabupaten (Porkab) dan Tarkam, Agustus 2024 mendatang.

Rencananya, kedua kegiatan tersebut akan dibuka secara bersamaan di Stadion Ranggajati Kecamatan Sumber.

"Untuk Tarkam di gelar pada Tanggal 21 hingga 25 Agustus 2024, sedangkan untuk Porkab digelar tanggal 18 hingga 25 Agustus 2024, tetapi untuk pembukaannya digelar bersamaan," kata Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin.

Sementara peserta dalam Porkab dan Tarkam sendiri akan diikuti oleh atlet dari 40 Kecamatan yang ada di Kabupaten Cirebon. Nanti, cabor akan ada 4 cabor, terdiri dari  Atletik, Lari, Voli dan Bulutangkis.

BACA JUGA:Jadi AgenBRILink, Wanita Hebat ini Terus Berinovasi Bawa Manfaat ke Masyarakat Sekitar

Ikin menjelaskan, untuk Porkab dilaksanakan rutin setiap tahunnya, tujuannya untuk menjaring bibit atlet yang akan dipersiapkan di kejuaraan tingkat provinsi maupun nasional. Sedangkan untuk Tarkam, merupakan kepercayaan dari Kemenpora untuk digelar di Kabupaten Cirebon.

Ditempat yang sama Ketua Koni Kabupaten Cirebon, Sutardi Raharja mengatakan untuk persiapan Porkab dan Tarkam sudah 99 persen. Katanya, kedua event ini sengaja digabungkan. Pasalnya Pemkab dan Koni Cirebon ingin olahraga ini lebih mengena kepada masyarakat.

"Kalau Porkab kan untuk olahraga prestasi serta persiapan BK Porpov sedangkan Tarkamnya nanti bisa diikuti oleh atlet umum dan masyarakat bisa ikut," ujarnya.

Dengan event besar ini, Sutardi ingin melihat kesiapan sejumlah cabor yang ada di Kabupaten Cirebon. "Ada 44 cabor di Kabupaten Cirebon, cuma baru ada 14 cabor yang menjadi pilihan,  kita lihat cabor mana yang pembinaannya  serius dan tidak kepada atlet. Sehingga kedepan kita lebih selektif lagi terhadap cabor-cabor," katanya. (cep)

BACA JUGA:Bentuk Satuan Khusus Siber, TNI Bakal Rekrut Para Ahli Ini

Kategori :