TMMD Digelar di Desa Kubang Melibatkan 125 Personel

Rabu 24-07-2024,20:00 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON , RADARCIREBION.COM - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 TA 2024 telah digelar di Desa Kubang, Kecamatan Talun, Rabu 24 Juli hingga 22 Agustus 2024. Kegiatan TMMD yang berlangsung selama satu bulan itu, akan melibatkan 125 personel TNI dan Polri.

Kegiatan TMMD, dibuka oleh Pejabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya. Dalam kesempatan itu, Wahyu Mijaya mengatakan, banyak manfaat yang dirasakan dalam kegiatan TMMD. 

“Banyak yang memberikan manfaat, ada kegiatan fisik seperti perbaikan jalan, jembatan, dan rutilahu. Bagi non fisik bagaimana memberikan pemahaman masyarakat untuk bersama-sama bersinergi membangun daerah, permasalahan stunting dan lainnya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Dandim 0620 Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Aditya Wira Respati mengatakan, penentuan lokasi TMMD dilakukan dengan melalui berbagai proses yang sangat panjang, melalui musrembang. Dengan mempertimbangkan berbagai masalah yang dihadapi Desa Kubang.

BACA JUGA: 2 laptop, 1 Helm Digasak Maling, Kejadian Hari Ini di Baitul Mal Hidayatullah Cirebon

“Sebelum menetapkan lokasi TMMD, akan dilakukan peninjauan terlebih dahulu, mulai dari lokasinya dan permasalahan yang ada di desa tersebut. Serta berapa lokasi yang perlu kita bangun dan perbaiki,” terangnya.

Ia menyebutkan, ada beberapa sasaran dalam TMMD. Mulai dari pembangunan infrastruktur. Ada tiga sasaran yaitu pengerasan atau pengaspalan jalan, pembuatan jembatan, dan pipanisasi. 

2

Untuk pipanisasi yang sangat penting apalagi ini musim kemarau, sehingga harus bisa terealiasi dan bisa mengairi wilayah Desa Kubang.

Tidak hanya itu, target berikutnya adalah membangun kesadaran masyarakat untuk membangun wilayah. Agar kehidupan mereka lebih baik lagi.

BACA JUGA: Komentar Saka Tatal Usai Sidang PK, Titin Terharu Terkenang Sidang 7 Tahun Lalu

“Desa Kubang ini angka kemiskinan cukup banyak dan masih ada sebagian lulusan hanya tingkat SD. Nah, kami memberikan keterampilan dan memperbesar hasil bumi di Kubang ini, saya yakin ekonomi masyarakat akan berubah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa (Kuwu) Desa Kubang, Wawan Karyawan menyampaikan Terimakasih kepada jajaran Kodim 0620 dan Pemda Cirebon yang sudah mengelar TMMD di desanya. Dengan kegiatan tersebut, gagal menerima banyak manfaat.

"Adanya TMMD ini, saya bersyukur, adapun pembangunan yang kita kerjakan belum selesai kini bisa terselesaikan. Hasil TMMD tentunya untuk kepentingan masyarakat," tandasnya. (cep)

 

 

Kategori :