Sambut Ulang Tahun 21, PPAD Gelar Tabur Bunga

Selasa 06-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menyambut ulang tahun Persatuan Purnawirawan  Angkatan Darat (PPAD)  ke 21, PPAD Kota Cirebon menggelar acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesenden, Selasa (6/8).

Hadir langsung  ketua PPAD Kota Cirebon, Kapten Kav (Purn) Ngadiyono, Ketua DPC Pepabri Kota Cirebon, Mayor (Purn) Rd. Deni Hikmat. Ketua  PPAD Kota Cirebon,   Ngadiyono  mengatakan, hari ini kami memperingati hari ulang tahun ke 21 PPAD tingkat kota Cirebon, salah satunya adalah dengan tabur bunga ke TMP Kesenden bersama DPC Pepabri Kota Cirebon dan FKPPI.

Menurut Ngadiyono, PPAD hadir di Kota Cirebon baru tahun 2024, dan bertepatan ulang tahun ke 21, PPAD Kota Cirebon mengggelar tabur bunga di TMP Kesenden sekaligus potong tumpeng di sekretariat DPC Pepabri Kota Cirebon.

“Alhamdulillah hari ini memperingati ulang tahun PPAD ke 21 serentak se Indonesia dengan tabur bunga ke TMP Kesenden,” tandasnya. Ngadiyono lebih jauh menjelaskan, Pada peringatan hari ulang tahun PPAD kali ini kita mengambil tema ” PPAD Bersama TNI AD Menuju Indonesia Maju ”.

BACA JUGA:Korban Tewas Akibat Tawuran di Babakan, Pindahan dari Sekolah Lain

Tema tersebut saya anggap sesuai dan sejalan dengan motto TNI dan TNI Angkatan Darat dalam menjalankan tugasnya yaitu Prima yang mempunyai makna bahwa TNI dan TNI Angkatan Darat dalam menjalankan setiap tugas selalu memegang teguh dan mengedepankan azas Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif sehingga tujuan dan sasarannya harus tercapai, berhasil dan sukses serta bisa dipertanggungjawabkan.

“Tema tersebut juga sesuai dan sejalan dengan tema HUT RI ke-79 yang sebentar lagi akan diselenggarakan pemerintah dan tentu akan kita ikuti bersama yaitu ”Nusantara Baru Indonesia Maju”, yang mempunyai makna saat ini negara kita Indonesia membutuhkan semangat baru yang besar dengan persatuan dan kesetaraan untuk mencapai segala tujuan,” ujarnya.

Di moment yang sangat baik ini, kata Ngadiyono,  kita selalu diingatkan melalui sejarah singkat terbentuknya organisasi PPAD. Para Purnawirawan TNI Angkatan Darat sebagai anggota TNI Angkatan Darat yang telah kembali kepada rakyat dari mana berasal, bertekad tetap konsisten dan konsekuen dengan hakikat perjuangan TNI Angkatan Darat untuk menjaga dan mempertahankan tetap tegaknya NKRI.

2

Ketua DPC Pepabri kota Cirebon, Deni Hikmat menambahkan, Terbentuknya organisasi PPAD tidak terlepas dari peran aktif yang membanggakan 7 (tujuh) orang Purnawirawan TNI Angkatan Darat sebagai pemrakarsa saat itu antara lain, Letjen TNI Purn Soeryadi, Letjen TNI Purn Hariyoto PS., Letjen TNI Purn Kiki Syahnakri, Letjen TNI Purn Sugiono, Mayjen TNI Purn Soetoyo NK., Mayjen TNI Purn A. Yoedono dan Brigjen TNI Purn Suko Martono.

BACA JUGA:Identitas Pelajar SMP Meninggal Diduga Tawuran di Babakan, AI Dimakamkan di Pabuaran Cirebon

Pada tanggal 1 Agustus 2003, kata Deni,  para pemrakarsa tersebut diatas menyampaikan pemberitahuan kepada seluruh mantan Kasad tentang rencana pertemuan yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2003 untuk membentuk organisasi PPAD sekaligus mohon do’a restu dan dukungan moril. selanjutnya pada tanggal 5 Agustus 2003 Kasad saat itu Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu memberikan restu dan menyetujui pembentukan organisasi PPAD sebagai simbol betapa eratnya persatuan diantara sesama Purnawirawan TNI Angkatan Darat.

Kemudian pada tanggal 6 Agustus 2003 dalam pertemuan di Eksekutif Klub Persada Purnawira Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, 45 orang Purnawirawan TNI Angkatan Darat secara aklamasi menyetujui pembentukan organisasi PPAD, selanjutnya pada tanggal 21 Oktober 2003 dalam rapat pleno-1 disepakati dan diputuskan menunjuk Letjen TNI Purn Soeryadi sebagai Ketua Pengurus Pusat Sementara PPAD Masa Bakti 2006-2011, yang kemudian beliau terpilih kembali melalui Musyawarah Nasional (Munas) sebagai Ketua Umum PP PPAD Masa Bakti 2011-2016, kemudian melalui Munas ke-3 telah terpilih Letjen TNI Purn Kiki Syahnakri sebagai Ketua Umum PP PPAD Masa Bakti 2016-2021, dan selanjutnya dalam Munas ke-4 telah terpilih Letjen TNI Purn Dr. (H.C) Doni Monardo (almarhum) sebagai Ketua Umum PP PPAD yang ke-3 Masa Bakti 2021-2026.

Bapak, Ibu, anggota PPAD yang saya hormati dan saya banggakan,
Saat ini usia organisasi PPAD yang kita cintai sudah mencapai 21 tahun, dalam kurun waktu tersebut sudah banyak kontribusi pengabdian yang diberikan PPAD kepada bangsa dan negara, beberapa program kegiatan strategis telah dilakukan untuk mewujudkan tujuan politik negara dan politik kesejahteraan sebagai satu-satunya politik organisasi PPAD.

“PPAD sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) selalu mendukung kebijakan TNI, TNI Angkatan Darat dan kebijakan pemerintah terutama kebijakan dalam rangka mewujudkan stabilitas pertahanan keamanan negara dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:1 Unit Motor Kebakaran di Perujakan Kota Cirebon, Awalnya Mogok Lalu Menyalakan Starter

Kategori :