SDN Bima Gelar Kegiatan Pramuka

Sabtu 10-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Deni Hamzah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Memperingati Hari Pramuka, SDN Bima Kota Cirebon mengadakan acara "Gerakan Pramuka Berbagi dan Peduli."

Sesuai dengan butir kedua Dasa Darma Pramuka, yaitu "Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia," SDN Bima melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan dan membagikan ratusan nasi kotak pada Jumat (9/8).

Kegiatan Pramuka Berbagi ini bertujuan untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang meliputi nilai-nilai beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, kreatif, dan bernalar kritis.

Acara dimulai dengan Salat Duha berjamaah di lapangan sekolah, yang kemudian dilanjutkan dengan doa bersama. Sholat Duha berjamaah adalah rutinitas yang telah diterapkan di SDN Bima.

BACA JUGA:Pasca Penertiban Warem Goa Macan, Sekdes Ditunjuk Plt Kuwu

Kepala SDN Bima, Hj Eva Resna Hendawati SPd MPdI menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan seluruh warga sekolah, termasuk guru-guru, siswa, dan orang tua siswa.

"Kami melibatkan semua elemen sekolah dalam kegiatan ini," ujar Eva Resna.
Sebagai bagian dari tindak lanjut kegiatan Pramuka Berbagi, SDN Bima juga memanfaatkan ajang Literasi yang disebut Galeri Bus Patas.

2

Program ini, yang dikenal sebagai Pramuka Menulis, mewajibkan siswa kelas 4, 5, dan 6 untuk membuat tulisan berupa artikel, puisi, dan karya lainnya, yang akan diseleksi untuk Jurnalis Cilik.

"Untuk kegiatan kebersihan, kami melibatkan siswa kelas 1, 2, dan 3. Sementara itu, untuk pembagian nasi kotak, melibatkan siswa kelas 4, 5, dan 6. Kami membersihkan lingkungan sekitar sekolah serta Masjid Baiturrahman yang terletak tidak jauh dari sekolah," papar Eva Resna.

BACA JUGA:Mundur Dari Wabup, Lucky Hakim Dinilai Pengamat Tidak Bisa Jadi Pemimpin Teladan

Eva juga menambahkan bahwa nasi kotak dibagikan di beberapa lokasi, termasuk dekat SD, di sekitar Disdik Kota Cirebon, di depan kampus UGJ, dan di area Balong Tuk.

Nasi kotak dibagikan kepada petugas parkir, pedagang keliling, petugas kebersihan, pengendara yang lewat, dan sebagian warga.

Kegiatan ini selesai pada pukul 09.30 WIB, dan semua siswa telah kembali ke sekolah.
"Alhamdulillah, kegiatan berjalan sukses. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua warga sekolah.

Harapannya, dengan adanya kegiatan seperti ini, anak-anak dapat terbiasa menjaga kebersihan lingkungan dan berbagi dengan sesama," pungkas Eva Resna Hendawati. (asd/opl)

Kategori :