Keberhasilan Pilkada Jabar 2024, Pj Gubernur Jabar: Kuncinya Soliditas

Senin 12-08-2024,18:30 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Mantap Praja Lodaya 2024 di aula Ditlantas Polda Jabar, Kota Bandung, Senin 12 Agustus 2024.

Rakor itu dilaksanakan dalam rangka pengamanan Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Tahun 2024 di wilayah hukum Polda Jabar. 

Dalam sambutannya Bey menjelaskan, Jabar memiliki jumlah pemilih sebanyak 35 juta orang dan lebih dari 73.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar di 27 kabupaten dan kota. 

BACA JUGA:Bandul Stang Sepeda Motor, Si Kecil yang Banyak Fungsinya

BACA JUGA:Petani Indramayu Meninggal Kesetrum 'Tikus Berlistrik'

BACA JUGA:Istri Acep Purnama Total Dukung Ridho Suganda di Pilkada Kuningan 2024

Ia pun mengatakan, pengamanan komprehensif dan koordinasi yang kuat menjadi kunci keberhasilan penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, dan tertib. 

2

"Salah satu aspek yang sangat krusial dalam pengamanan pemilu adalah logistik mulai dari distribusi surat suara hingga alat-alat pemungutan lainnya harus dijaga dengan ketat," kata Bey Machmudin. 

"Kerja sama yang erat antara kepolisian, TNI, dan seluruh perangkat daerah juga penting untuk memastikan bahwa tidak ada celah yang dapat dimanfaatkan pihak-pihak yang ingin mengganggu jalannya pemilu," lanjut Bey. 

Selain itu, Bey menjelaskan, di era digital ini pengamanan siber perlu menjadi prioritas utama. 

BACA JUGA:Sosok Baru Calon Bupati Majalengka 2024 Mulai Banjir Dukungan

BACA JUGA:Ditinggal ke Warung, Rumah di Majalengka Ludes Terbakar

BACA JUGA:Potensi Kolaborasi Antarbangsa, Cirebon dan YianJiang Rintis Kerjasama Strategis

Potensi ancamannya dari penyebaran hoaks, disinformasi dan upaya peretasan yang dapat mengganggu jalannya pemilu. 

"Saya mendorong seluruh instansi terkait untuk meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap ancaman siber dan membangun sistem yang mampu merespons cepat terhadap segala bentuk gangguan di dunia maya," ungkapnya. 

Kategori :