Masih Dibuka, Begini Cara Daftar Subsidi BBM Tepat untuk Dapatkan QR Code Pertalite

Rabu 14-08-2024,21:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi

BACA JUGA:Optimistis Angka Pengangguran Turun, Pemkab Cirebon Buka Seribu Lebih Lowongan Pekerjaan lewat Job Fair

"Untuk kemudahan masyarakat, QR Code bisa dicetak dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU. Mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat (mobil)," tutur Heppy.

Program Subsidi Tepat bertujuan untuk mendata kendaraan yang menggunakan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite. 

Seperti halnya penerapan QR code untuk transaksi Solar Subsidi yang sudah berjalan, langkah yang saat ini diambil sebagai bentuk upaya perusahaan untuk melakukan pencatatan transaksi Pertalite secara lebih baik dan transparan, mengingat adanya anggaran kompensasi yang diberikan Pemerintah untuk produk BBM jenis Pertalite.

BACA JUGA:Kasus Vina Cirebon: Pengacara 6 Terpidana Ajukan 50 Saksi Fakta dan Ahli

“Melalui pendataan, diharapkan penyaluran BBM bersubsidi dapat lebih termonitor dan mencegah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan, sehingga BBM bersubsidi tersalurkan bagi masyarakat yang memang berhak,” tambah Heppy. 

Area Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menambahkan bahwa tidak ada batasan masa berlaku QR Code dan apabila hilang atau digunakan oleh orang lain, dapat dilakukan pembaruan sendiri oleh masing-masing pengguna melalui web pendaftaran dengan menekan tombol refresh.

BACA JUGA:Optimistis Angka Pengangguran Turun, Pemkab Cirebon Buka Seribu Lebih Lowongan Pekerjaan lewat Job Fair

2

“Para pengguna QR Code tidak perlu khawatir karena tidak ada batasan untuk melakukan reset QR Code dalam sehari,” jelas Eko.

Sesuai Kepmen ESDM No. 37.K/HK.02/MEM.M/2022 Pertalite (RON 90) ditetapkan sebagai BBM Penugasan oleh Pemerintah. (*)

Kategori :