Pj Wali Kota Cirebon Hadiri Rapat Koordinasi Pilkada Serentak 2024 di Wilayah Pulau Jawa

Kamis 22-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pj Wali Kota Ciebon, Drs H Agus Mulyadi MSi menghadiri rapat koordinasi terkait persiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024.

Acara ini dipimpin langsung Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, SIP di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Rabu (21/8/2024).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) Kapolres dan Dandim se-Pulau Jawa. Serta diisi oleh berbagai narasumber, mulai dari Kemendagri, Kapolri, Panglima TNI Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, dan kepala BSSN.

Dalam pidatonya, Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, menekankan pentingnya menjaga stabilitas di sektor politik, hukum, dan keamanan jelang Pilkada Serentak 2024. Ia mengajak seluruh pihak untuk berperan aktif dalam memastikan situasi tetap aman dan terkendali.

BACA JUGA:Paralympic Paris 2024, Jabar Sumbang 6 Atlet untuk Kontingen Indonesia

"Saya berharap setiap tahapan Pilkada 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hadi menguraikan bahwa Pulau Jawa memiliki jumlah pemilih terbesar, mencapai lebih dari separuh daftar pemilih tetap (DPT) nasional. Dengan kondisi ini, dinamika dan tantangan tersendiri diprediksi akan muncul.

Menko Polhukam menekankan perlunya sinergi antara pemerintah, penyelenggara, dan peserta Pilkada untuk memastikan proses Pilkada 2024 berlangsung dengan aman dan lancar.

"Harapan saya, setiap tahapan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar tanpa kendala apapun," ujar Hadi.

BACA JUGA:Pandawara Group dan Ribuan Warga Angkut Sampah dari Pantai Baro Cirebon

Untuk memastikan suksesnya Pemilu dan Pilkada 2024, telah dibentuk Desk Koordinasi Pemilu dan Pilkada yang melibatkan sembilan kementerian/lembaga terkait, yang bertugas dalam hal kesiapan penyelenggaraan, keamanan, penanganan pelanggaran, dan sosialisasi terkait tahapan Pilkada.

Menanggapi pernyataan tersebut, Pj Wali Kota Cirebon, menekankan pentingnya sinergi antara penyelenggara pemilu, pemerintah, dan peserta Pilkada. Langkah strategis ini harus diambil agar seluruh tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan rencana.

“Kita sudah sepakat, bersama KPU, Ketua Bawaslu, Forkopimda, perangkat daerah untuk bersama-sama dapat menjaga kondusifitas menjelang dan pada penyelenggaraan Pilkada November mendatang,” ujarnya.

Dengan langkah-langkah strategis ini, diharapkan Pilkada Serentak 2024 di Kota Cirebon dapat berlangsung dengan aman, tertib, dan kondusif.

BACA JUGA:RS Hasan Sadikin Bakal Berikan Pelayanan Pengobatan Gratis Untuk 3000 Pasien di Kabupaten Cirebon

Kategori :