TMMD ke-121 Resmi Ditutup oleh Pangdam III Siliwangi

Kamis 22-08-2024,19:00 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RQDARCIREBON.COM - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 di Desa Kubang, Kcamatan Talun secara resmi ditutup oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar, pada Kamis (22/8/2024). 

Sebagai tanda penutupan itu, dilaksanakan upacara penutupan yang dipimpin langsung oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar, di Lapangan Bola Desa Kubang. 

Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih satu bulan ini berhasil membuka akses jalan sepanjang 1.200 meter. 

“TMMD membangun infrastruktur seperti jalan yang dibangun sepanjang 1.200 meter persegi. Sebelumnya tidak ada jembatan, motor pun tidak bisa lewat. Sehingga, infrastruktur ini menjadi sangat penting bagi masyarakat Desa Kubang,” ujar Mayjen TNI Mohammad Fadjar, Kamis (22/8/2021). 2024).

BACA JUGA: Mahasiswa Bergerak ke Gedung DPRD Kota Cirebon

Selain jalan pembangunan dan jembatan, TMMD juga memperbaiki sistem pipanisasi yang digunakan oleh para petani untuk mengairi sawah. Sebelumnya masyarakat telah memiliki pipa, namun debit air yang disalurkan kurang memadai.

Dengan adanya pipanisasi baru yang dibangun sepanjang 1.250 meter dengan pipa berukuran 6 inci, areal sawah yang terairi kini meningkat dari 20 hektar menjadi 55 hektar.

2

“Kemudian kita bangun pipanisasi dengan pipa yang besar sebesar 6 inci, sepanjang 1.250 meter. Yang sebelumnya hanya bisa dimanfaatkan sekitar 20 hektar, hari ini pipanisasi ini bisa mengairi sebanyak 55 hektar,” tuturnya.

Tidak hanya fokus pada pembangunan fisik, TMMD ke-121 di Desa Kubang juga mencakup program non-fisik yang bertujuan untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya. Program ini meliputi pelatihan atau ceramah tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pemahaman hukum, serta penyuluhan terkait bahaya narkoba, hingga pertanian.

BACA JUGA: Imron – Agus Kurniawan Resmi Dapat Rekomendasi dari PDIP untuk Calon Bupati – Calon Wakil Bupati Cirebon

Dengan selesainya program TMMD ke-121 ini, diharapkan masyarakat Desa Kubang dapat merasakan manfaat yang signifikan, baik dari segi infrastruktur maupun peningkatan kualitas hidup.

Di tempat sama, Pj Bupati Cirebon Wahyu Mijaya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan TMMD ke-121 di Desa Kubang, Kecamatan Talun. Menurutnya, banyak manfaat yang diterima oleh Desa Kubang ini, seperti pipanisasi untuk mengairi areal sawah.

“Banyak manfaat dari TMMD, disaat memasuki musim kekeringan. Kita mendapatkan bantuan pembuatan pipanisasi sepanjang 1.200 meter sehingga aliran air bisa mengairi 55 hektar,” ujarnya.

Menurut Wahyu, dalam TMMD juga dibangun sarana jalan penghubung di Desa Kubang. Kondisi tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kubang. 

BACA JUGA: Merasa Terganggu Demo Mahasiswa di Cirebon, Dani: Kami Sedang Cari Nafkah

Kategori :