Mantan Gubernur DKI Jakarta Batal Maju di Pilkada Jabar, Duet Anies-Ono Ambyar

Kamis 29-08-2024,22:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Akhirnya, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan batal maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat (Jabar) 2024.

Kepastian Anies Baswedan untuk tidak maju di Pilkada Jabar 2024 disampaikan oleh juru bicaranya, Sahrin Hamid, Kamis 29 Agustus 2024 malam.

"Anies tidak maju di Jabar," kata Sahrin.

Sebelumnya, Sahrin mengungkapkan bahwa ada permintaan dari salah satu partai politik (parpol) Anies Baswedan maju dalam Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2024.

BACA JUGA:8 Parpol Non-Parlemen Usung Rahmat Hidayat-Imam Saputra Maju di Pilkada Kabupaten Cirebon

BACA JUGA:Satu Rumah di Desa Lurah Ludes Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Tapi, pihaknya tidak menyebutkan identitas parpol tersebut dan tidak membantah jika partai yang dimaksud adalah PDI Perjuangan.

"Tentunya ada beberapa hal yang sedang ramai ya, tadi misalnya Pak Anies sudah keluar, ya enggak. Pak Anies belum ke mana-mana ya," ujar Sahrin.

Sahrin mengatakan Anies mengapresiasi partai politik (parpol) yang memberikan kesempatan kepadanya untuk maju pada Pilkada Jabar.

Hal tersebut merupakan perwujudan salah satu fungsi partai politik sebagai pilar demokrasi dan perekrutan kepemimpinan.

BACA JUGA:Detik-detik Pendaftaran Cakada di Pilkada Jabar, Ono Surono Masih Tunggu Keputusan DPP PDI Perjuangan

BACA JUGA:Maju Pilkada Jabar, Paslon Asih: Padukan Imtaq dan Iptek

Sebelumnya, dari kubu PDI Perjuangan, menginformasikan bahwa mereka akan memberikan pada menit-menit akhir penutupan pendaftaran Pilkada 2024. Salah satunya, kejutan pada Pilgub Jabar 2024.

Nama Anies sendiri mencuat maju Pilkada Jabar di menit akhir pendaftaran Pilkada 2024. Ketua Bappilu PDIP Jabar Mochtar Mohamad membenarkan soal kabar Anies Baswedan diusung maju di Tanah Pasundan itu.

"Betul, Anies-Ono," ujar Mochtar, kepada wartawan, Kamis 29 Agustus 2024 malam.

Sebelumnya juga, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa   Barat Ono Surono bahwa sampai dengan pukul 18.06 WIB tadi, pihaknya belum mendapatkan informasi dari DPP PDI Perjuangan mengenai siapa sosok yang akan diusung untuk maju di Pilkada Jawa Barat.

BACA JUGA:KAI Daop 1, 2 dan 3 Jalin Kerja Sama dengan Kejaksaan Tinggi Jabar

BACA JUGA:ASLI, JANGAN DITIRU! SMK di Wilayah Mundu di Lempari Petasan oleh Sekelompok Pelajar Berkendara Motor

"Kawan-kawan sekalian, banyak pertanyaan kepada saya tentang siapa calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan diusung oleh PDI Perjuangan."

"Kami informasikan sampai dengan saat ini pukul 18.04 WIB belum dapat informasi dari DPP PDI Perjuangan. Sehingga kami pun menunggu, siapa calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan memberikan kejutan kepada warga Jawa Barat," ujarnya dalam video yang diunggah Ono Surono di akun Instagram pribadinya, Kamis 29 Agustus 2024 petang tadi.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya meminta doa dari warga Jawa Barat bahwa PDI Perjuangan akan mendaftarkan pasangan Cakada di Pilkada Jawa Barat pada malam hari.

"Mohon doa, kami akan daftar ke KPU Jabar pada malam hari di detik-detik terakhir menjelang penutupan, hatur nuhun, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh," pungkasnya. (*)

Kategori :