UGJ Gelar Yudisium dan Sumpah Guru

Jumat 30-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Fakultas Pendidikan dan Sains (FPS) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar Yudisium dan Sumpah Guru untuk lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan Kategori 1 Gelombang 3 Tahun 2023.

Acara tersebut berlangsung pada Kamis (29/8) di Ballroom Grage Hotel.
Dekan FPS, Dr Endang Herawan MM mengatakan bahwa Yudisium dan Sumpah Guru ini diikuti oleh sebanyak 334 peserta.

“Melalui kegiatan ini, 334 lulusan diambil sumpahnya sebagai guru profesional. Hari ini adalah momen yang ditunggu dan sangat berarti karena para peserta akhirnya diambil sumpah setelah bergabung selama setahun. Setahun lalu, saat orientasi, wajah mereka tampak cemas, namun kini mereka terlihat sumringah. Kita semua bisa hadir di sini dengan wajah yang riang,” papar Endang.

Menurut Endang, acara ini menandakan bahwa UGJ telah mencapai tingkat nasional.

BACA JUGA:Pembunuhan Ayah Kandung di Cirebon: Kusnadi Siapkan Pisau untuk Menusuk Ayahnya

“Jika FK UGJ menggelar sumpah dokter, di FPS kami menggelar sumpah guru. Dengan pengorbanan luar biasa membagi waktu antara tugas sekolah dan PPG, perjuangan ini menjadi titik tolak kita untuk menuju karir yang lebih baik di masa depan,” katanya.

Wakil Rektor I, Dr Surya SSi MSi menambahkan, para lulusan diresmikan sebagai guru berlabel Gr.

2

“Ada perubahan yang signifikan karena generasi Z dan milenial kini cepat beradaptasi dengan teknologi. Kompetensi guru harus memenuhi standar seiring dengan perkembangan teknologi. Inovasi sangat penting agar anak-anak tidak hanya menjadi pengguna teknologi, tetapi juga dapat menjadi influencer,” katanya.

Surya menegaskan bahwa pendidikan tidak menjamin kesuksesan, tetapi pendidikan memperbesar peluang untuk mencapai kesuksesan. (abd)

BACA JUGA:Beda dengan Jubir Anies, Ono Sebut Faktor 'Mulyono dan Geng' di Pilgub Jabar

 

Kategori :