Opening Ceremony SMEXPO Bandung 2024: UMKM Berdaya, Indonesia Jaya!

Sabtu 07-09-2024,13:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat (JBB) kembali menyelenggarakan PERTAMINA SMEXPO (Small Medium Enterprise Expo), sebuah pameran yang  berlangsung di Cihampelas Walk Bandung, Jawa Barat pada hari Jumat, 6 September hingga Minggu, 8 September 2024.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) Pertamina, yang telah rutin diadakan sejak tahun 2020.

Program PERTAMINA SMEXPO dihadiri oleh Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Dr. Ucup Yusuf, S.Sos., M.Si. yang mewakili Pj Gubernur Jawa Barat, lalu hadir pula Staf Ahli Walikota Bandung Bidang Sumber Daya Manusia Ricky Gustiadi yang mewakili Pj Walikota Bandung, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Bandung Faisal Tachir, S.Sos., M.AP yang datang sebagai perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Jajaran Manajemen PT Pertamina (Persero),  ⁠Jajaran Manajemen Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading (C&T),  Corporate Secretary Subholding Pertamina, Area Manager Comm, Rel. & CSR RU VI 6 Balongan, seluruh Manajemen Pertamina Patra Niaga Regional JBB,  UMKM Binaan Pertamina yang berpartisipasi dalam Pertamina SMEXPO Bandung, serta para Perwira Pertamina.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional JBB, Deny Djukardi mengatakan bahwa pada awalnya program Pertamina SMEXPO merupakan salah satu solusi dari Pertamina untuk membantu masyarakat saat pandemi Covid-19 melanda secara global dan di tahun 2024 ini, Pertamina SMEXPO mengusung tagline Lokal Jadi Vokal, dengan harapan agar UMKM di Indonesia bisa dapat dikenal dan diakui kualitasnya.

BACA JUGA:Senam Sehat Bareng Ribuan Warga Lembang, Pasangan Jeje-Asep Makin Lengket

“Pertamina SMEXPO mengusung tagline ‘Lokal Jadi Vokal’ sebagai inisiasi respons Pertamina terhadap pandemi Covid-19 yang berdampak pada perekonomian global dan aktivitas sosial. Program kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan para pelaku Korporasi Nasional dan Global dengan rangkaian acara yang terdiri atas Digital Marketplace, pameran tematik level lokal atau regional dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM mulai dari produk, pengelolaan bisnis hingga jaringan pemasaran. Diharapkan program ini dapat membawa UMKM menjadi lebih dikenal, vokal, diakui serta dapat bersaing di tingkat Nasional maupun Global,” tambah Deny.

Mengetahui bahwa Pertamina SMEXPO merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Pertamina dalam merespons penurunan ekonomi nasional dan aktivitas sosial akibat pandemi Covid-19, Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Dr. Ucup Yusuf, S.Sos., M.Si., menyampaikan rasa syukur. Ia menegaskan bahwa berkat dukungan dari BUMN seperti Pertamina, para pelaku UMKM kini mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan sehingga mereka dapat bertahan dan berkembang.

“Kami merasa sangat terbantu dengan kehadiran BUMN Pertamina. Sebelumnya, para pelaku UMKM sering kali dianggap sensitif, apalagi sebelum adanya Undang-Undang Cipta Kerja dan pembinaan pasca-COVID. Dulu, UMKM sering diplesetkan menjadi 'usahamu karepmu', yang berarti usaha tergantung kehendak masing-masing. Namun, sekarang, dengan adanya dukungan dan pembinaan, pernyataan tersebut telah berubah menjadi 'usahamu kudu maju'. Ini menunjukkan bahwa kini ada dorongan yang lebih kuat agar UMKM dapat terus berkembang dan maju,” tutur Yusuf.

Program Pertamina SMEXPO merupakan  program pembinaan yang bersifat nirlaba untuk membantu para UMKM binaan dalam memperkenalkan produk-produk unggulannya serta meningkatkan revenue  bisnis. Selain itu Pertamina juga menyediakan wadah untuk UMKM dalam mempromosikan dan memasarkan produk mereka  kepada Masyarakat umum dan berbagai komunitas di Indonesia, hal tersebut dapat dilakukan baik melalui offline expo maupun sesi Live Shopping yang akan berlangsung selama pelaksanaan pameran.

BACA JUGA:Suhendrik Kagumi Karya Mahasiswa STTC

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional JBB Eko Kristiawan menyampaikan bahwa program ini juga merupakan salah satu bentuk wujud kontribusi konsisten Pertamina terhadap pembinaan dan pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Indonesia yang berperan sebagai penggerak ekonomi nasional. Melalui program SMEXPO 2024 Pertamina terus berkontribusi dalam memberdayakan potensi dan kondisi ekonomi, sosial, dan lingkungan masyarakat yang membangkitkan produk UMKM berkualitas dan hasil program pembinaan Pertamina yang berkelanjutan.

“Dengan Pertamina SMEXPO ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian UMKM dalam membaca tren pasar, yang mana seiring dengan tren saat ini, produk UMKM semakin eksis dan berkembang menjadi satu industri yang memiliki potensi besar. Kehadirannya telah berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja,” tambah Eko.

Pada program ini, sebanyak 20 pelaku usaha mikro dan kecil dari wilayah Jawa Bagian Barat turut ambil bagian. Peserta terdiri dari berbagai sektor usaha, dengan 7 UMKM yang bergerak di bidang kuliner dan F&B (Food & Beverage), 3 UMKM yang berfokus pada kerajinan tangan (craft), 9 UMKM di bidang fashion, serta 1 UMKM yang menggabungkan dua sektor sekaligus, yakni fashion dan craft. Pameran ini mencerminkan keragaman kreativitas dan potensi dari para pelaku usaha lokal yang siap bersaing di pasar yang lebih luas.

Pertamina SMEXPO Lokal jadi Vokal menampilkan berbagai kegiatan, mulai dari talkshow yang akan dibawakan oleh narasumber yang berpengalaman, workshop  yang tentunya akan memberikan edukasi dan manfaat, voluntary program, UMKM information center serta entertainment lainnya.

BACA JUGA:Hampir 100 Persen Siswa Lanjut Sekolah

Tidak ketinggalan, Pertamina SMEXPO juga menyediakan fasilitas UMKM Information Center yang bekerja sama dengan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Kota Bandung, Pertamina Sales Area Bandung, dan PT Sama-Sama Legal. Di sini, para peserta dapat memperoleh informasi terkait legalitas UMKM, produk-produk Pertamina, serta pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). Selain itu, tersedia layanan konsultasi mengenai aspek legal dan perizinan yang dapat membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Program Pertamina SMEXPO ini juga sejalan dengan SDGs (Sustainable Development Goals) poin 8 yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Seperti yang diucapkan oleh Eko Kristiawan sebagai Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Regional JBB “Saya berharap dengan diadakannya program ini, para UMKM dapat meningkatkan produktivitas dan keterampilan dalam proses produksinya, dan mampu meningkatkan kapabilitas sehingga dapat berkontribusi dengan optimal dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan sekaligus membuktikan bahwa UMKM Indonesia mampu berkarya dan berprestasi.”

Kategori :