Pj Wali Kota Kukuhkan Pengurus PAAREDI CEKAS dan Forum Anak Cirebon

Kamis 12-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Pj Wali Kota Cirebon, Drs H Agus Mulyadi MSi melaksanakan resmi mengukuhan Tim Pola Asuh Anak dan Remaja Cegah Kekerasan (PAAREDI CEKAS) se-Kota Cirebon dan Forum Anak Cirebon untuk periode 2024-2026, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan dihadiri juga Pj Sekretaris Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Cirebon, Hj NR Madyawati SH MPd, dan perangkat daerah terkait.

Pj Wali Kota menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2020 tentang Roadmap Jawa Barat Tolak Kekerasan, telah menyusun langkah-langkah strategis untuk mendukung pencegahan kekerasan terhadap anak. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kerjasama dengan Tim Penggerak PKK melalui pembentukan tim PAAREDI CEKAS dan Forum Anak Cirebon.

"Melalui PAAREDI CEKAS, kita berharap dapat memperkuat pola asuh keluarga yang efektif di era digital ini. Saya yakin, dengan pola asuh yang tepat, kita bisa meminimalisir kekerasan terhadap anak dan mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan globalisasi serta perkembangan teknologi," ujarnya.

BACA JUGA:Gerindra Perkuat Simpul Pemenangan, Tresnawaty Ajak Warga Menangkan Eti-Suhendrik

Lebih lanjut, Pj Wali Kota mengingatkan pentingnya peran PAAREDI CEKAS sebagai ujung tombak pencegahan kekerasan anak. "PAAREDI CEKAS harus bisa menjadi lembaga layanan terdekat dengan masyarakat, terutama dalam pencegahan dan penyelesaian masalah anak, serta pemberdayaan masyarakat dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Forum Anak Cirebon juga dikukuhkan. Pj Wali Kota menekankan bahwa Forum Anak memiliki dua peran utama yakni sebagai pelopor dan pelapor. "Sebagai pelopor, anak-anak diharapkan bisa terlibat aktif dalam kegiatan positif dan menginspirasi orang lain. Sebagai pelapor, mereka harus berani menyampaikan pendapat dan melaporkan jika hak-hak mereka tidak terpenuhi," jelasnya.

Forum Anak Cirebon juga diharapkan dapat berperan lebih aktif dalam mewujudkan pembangunan yang berperspektif anak. “Saya melihat keterlibatan Forum Anak nantinya harus lebih dalam rangka mewujudkan kelurahan, kecamatan, dan kota yang layak anak,” ungkapnya.

Pj Wali Kota berharap, integrasi antara PAAREDI CEKAS dan Forum Anak dapat mendukung terwujudnya pembangunan yang berperspektif anak dan memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak. "Dengan peran yang efektif dari PAAREDI CEKAS dan Forum Anak, kita dapat mencapai pembangunan yang lebih inklusif dan berfokus pada kesejahteraan anak," harapnya.

BACA JUGA:Rohayati Berpeluang Jadi Pimpinan Sementara DPRD

Sebagai penutup, Pj Wali Kota menegaskan komitmen Pemerintah Kota Cirebon dalam mendukung setiap inisiatif yang berorientasi pada kesejahteraan anak dan keluarga. “Semoga pengurus PAAREDI CEKAS dan Forum Anak dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.

Kategori :