Tips Aman Melintasi Jalan Aspal Berkerikil

Rabu 18-09-2024,17:28 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

RADARCIREBON.COM - Jalan raya di Indonesia memiliki jenis dan kontur yang beragam. Di perkotaan, umumnya jalanan sudah dilapisi aspal yang mulus, sehingga berkendara, terutama menggunakan sepeda motor, menjadi lebih aman dan nyaman.

Namun, tidak semua daerah memiliki fasilitas jalan yang sepenuhnya baik. Di beberapa titik, masih terdapat kendala seperti jalan berlubang, genangan udara, dan kerikil di jalan aspal yang sering menjadi penyebab kecelakaan, terutama di area tikungan.

Kerikil atau pasir di atas permukaan jalan aspal dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aspal yang rusak, partikel pasir dari pinggir jalan yang terbawa air hujan, atau tumpahan material dari kendaraan pengangkut bahan bangunan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma, menjelaskan agar pengendara selalu konsentrasi dan fokus saat mengendarai sepeda motor, serta tetap waspada terhadap potensi bahaya di berbagai kondisi permukaan jalan.

BACA JUGA: Gempa Saat Konferensi Pers Persib vs Port FC, Bojan Hodak Merasa Akan Ada Keberuntungan

“Terkait permukaan jalan yang dilalui, pengendara motor harus menerapkan metode prediksi bahaya. Artinya pengendara tidak hanya memperhatikan situasi di roda depan, namun juga memperhatikan jauh ke depan untuk mengantisipasi kondisi jalan (seperti jalan berpasir atau berlubang). Dengan demikian, pada kecepatan tinggi, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan,” jelasnya.

Berikut beberapa tips #Cari_aman untuk menghindari bahaya terjatuh saat melintasi jalan aspal yang berpasir atau berkerikil:

2

Kurangi Kecepatan 

Langkah pertama ketika menghadapi jalan aspal berpasir atau berkerikil adalah mengurangi kecepatan dengan menurunkan throttle atau gas.

Hal ini membantu mengurangi potensi bahaya dan meminimalkan kerusakan pada ban.

BACA JUGA: KPU Kota Cirebon Panggil Anton Oktaviano dan Stanis Clau, PAW Dani Mardani - Fitria Pamungkaswati di DPRD

Lakukan Pengereman dengan Benar

Langkah kedua adalah melakukan pengereman kombinasi depan dan belakang secara perlahan. Hindari pengereman mendadak untuk mencegah ban selip yang bisa menyebabkan kerusakan.

Biarkan Motor Melaju Tanpa Menarik Gas

Hindari jalan berpasir atau berkerikil sebisa mungkin, namun jika larangan motor terlanjur melindasnya, biarkan motor melaju tanpa menambah bensin. Gunakan rem belakang dengan lembut dan terkontrol untuk membantu menjaga keseimbangan.

Kategori :