Kota Cirebon Terima Tim Uji Publik Monev KI Jabar Tahun 2024, Pj. Sekda: Upaya Peningkatan Pelayanan Publik

Rabu 02-10-2024,12:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pelaksanaan rangkaian penilaian E-Monev Provinsi Jawa Barat Tahun 2024 hingga kini masih berlangsung. Pada hari Selasa, 1 Oktober 2024, Pj. Sekretaris Daerah selaku Atasan PPID Kota Cirebon, Dr. Iing Daiman, SIP, M.Si., menerima kunjungan dari Tim Uji Publik Komisi Monev Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat di Ruang Prabayaksa Sekretariat Daerah Kota Cirebon. 

Uji Publik ini merupakan tahapan setelah pengisian kuesioner E-Monev yang dilakukan pada awal Agustus 2024. Uji publik juga bertujuan untuk meninjau dan memastikan Badan Publik telah menerapkan standar layanan informasi publik. 

Dalam berbagai penilaian tim penerimaan monev KI Jabar, Iing Daiman mengatakan keterbukaan publik merupakan elemen penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan.

“Hingga saat ini, Pemerintah Kota Cirebon terus berkomitmen dalam meningkatkan keterbukaan informasi masyarakat dengan melakukan berbagai inovasi. Monev ini menjadi wadah untuk lebih memperkuat komitmen Kota Cirebon dalam mewujudkan Kota yang Informatif,” katanya. 

BACA JUGA:Ahmad Syaikhu Resmikan Mobil Pab Koling, Warga Bisa Nonton Film Sambil Ngopi

Iing Daiman menekankan pentingnya keterbukaan informasi masyarakat dalam sebuah demokrasi dan berharap hasil visitasi ini dapat menjadi dasar evaluasi untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan informasi di Kota Cirebon.

“Kami ingin terus mewujudkan keterbukaan informasi yang baik dan sesuai peraturan dengan yang ada, serta berharap Kota Cirebon dapat kembali masuk dalam kategori Kota Informatif seperti tahun 2023,” imbuhnya.

2

Hanya itu saja, Iing Daiman juga berharap Pemerintah Kota Cirebon terus memberikan inovasi dan strategi yang dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai monev KI Jabar tahun 2024, Dr. Mahi M. Hikmat, M.Si., menjelaskan Pemerintah Kota Cirebon sudah sangat baik dalam memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat di Kota Cirebon, karena setiap tahunnya Pemerintah Kota Cirebon dapat memberikan sejumlah inovasi dan strategi. 

BACA JUGA:Siapa yang Didukung Komeng untuk Jadi Ketua DPD RI 2024-2029, Ternyata Manta Ketum PSSI

Namun, Dr. Mahi M. Hikmat, M.Si. menjelaskan, Pemerintah Kota Cirebon pun masih memiliki sedikit catatan untuk dapat menjadi bahan evaluasi. “Sejauh ini kami melakukan kunjungan, Kota Cirebon sudah sangat baik dalam memberikan akses kepada masyarakat namun hanya sedikit yang mungkin bisa dioptimalkan,” ujarnya. 

Meski demikian, beliau mengapresiasi Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Sosial yang telah memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat dengan sangat baik, usai dilakukan uji petik ke lokasi. 

“Pelayanannya sangat bagus, bahkan menyediakan tempat bermain anak, pojok baca, zona kongkow, aksesibilitas disabilitas pun sudah tersedia. Hal ini sangat kami apresiasi, semoga bisa dipertahankan dalam melayani masyarakat,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Mahasiswa Luar Negeri Ikuti Cirebon Culture Camp Program

 

Kategori :