Pj Sekda Dorong Optimalisasi Teknologi dan Perencanaan Digital yang Matang

Kamis 10-10-2024,16:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, H Iing Daiman SIP MSi, membuka kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Layanan Urusan Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Statistik yang diselenggarakan di Resort Prima Sangkanhurip, Rabu (9/10/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, sebagai upaya untuk mengevaluasi pelaksanaan program-program strategis di bidang Kominfo dan Statistik di Kota Cirebon.

Dalam sambutannya, Pj Sekda menyampaikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon atas inisiatif pelaksanaan kegiatan tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa Monev ini diharapkan dapat memperkuat wawasan dan mengevaluasi sejauh mana implementasi aturan, ketetapan, dan program terkait Kominfo serta Statistik di masing-masing unit kerja pemerintah.

BACA JUGA:Seorang Pria Hilang di Hutan Batu Baok, Kelurahan Sumber Cirebon

“Kita semua tentu berharap kegiatan ini dapat semakin memperkuat wawasan sekaligus melihat sejauh mana implementasi berbagai aturan, ketetapan, dan program terkait Kominfo dan Statistik pada masing-masing unit kerja,” kata Pj Sekda.

Ia juga menekankan pentingnya kesadaran akan transformasi digital yang tengah masif terjadi. Keterhubungan berbagai sistem elektronik dan komputer, yang kini menjadi satu kesatuan yang kompleks, membawa kemudahan namun juga tantangan, baik dari segi hukum maupun sosial.

Pj Sekda menyarankan agar perencanaan pembangunan ruang digital harus dilakukan dengan matang, didukung oleh kebijakan yang komprehensif dan infrastruktur yang memadai.

"Perlu perencanaan jangka panjang yang matang, didukung oleh kerangka hukum, kebijakan yang komprehensif, serta infrastruktur yang memadai agar pembangunan ruang digital ini dapat berjalan dengan baik," tambahnya.

BACA JUGA:Marc Klok Pasrah Setelah Kena Sanksi Berat, Kini Fokus Lakukan Hal Ini

Di sisi lain, Pj Sekda juga mengingatkan bahwa pemanfaatan teknologi digital harus semakin optimal untuk mendukung terciptanya pelayanan publik yang efisien, cepat, dan responsif. Menurutnya, kualitas pelayanan publik yang baik adalah salah satu indikator keberhasilan reformasi birokrasi dan menjadi barometer kepuasan masyarakat.

Kegiatan Monev ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengevaluasi dan memperkuat implementasi program-program digitalisasi, terutama dalam mempercepat transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa AP MM, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi penyelenggaraan program Cirebon Satu Data, serta memperkuat pemahaman tentang pentingnya pemanfaatan data makro dan statistik.

"Selain itu, kami juga melakukan sosialisasi mengenai keamanan informasi, mengingat serangan cyber terhadap website dan aplikasi beberapa bulan terakhir sangat masif,” ungkap Ma’ruf Nuryasa.

BACA JUGA:Sekda Jabar Koordinasikan Penanganan Sampah Pasar Caringin

Kepala DKIS juga menekankan pentingnya mitigasi terhadap serangan siber yang terus meningkat, serta evaluasi terkait program SPAN Lapor yang menjadi bagian penting dalam pelayanan informasi publik.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan sosialisasi mengenai Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 22 Tahun 2024 tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi. Hal ini diharapkan dapat memperkuat literasi informasi dan mendukung implementasi Cirebon Satu Data yang lebih optimal di masa mendatang.

“Melalui kegiatan ini, kami juga berharap dapat meningkatkan literasi informasi serta memberikan pemahaman lebih dalam mengenai kebijakan pelayanan informasi dan dokumentasi yang ada, sehingga kualitas pelayanan publik di Kota Cirebon dapat semakin baik,” pungkas Ma’ruf.

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta dapat lebih memahami peran dan pentingnya data serta teknologi dalam mempercepat transformasi digital dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Cirebon, demi kesejahteraan masyarakat.

2

BACA JUGA:Pertamina Patra Niaga Regional JBB Raih Penghargaan Gubernur Sebagai Mitra Sinergi Terbaik Jakarta Tahun 2024

Kategori :