Akan Ada Jalan Tol Baru di Jawa Barat, Pembangunan Mulai Tahun Depan, Membentang di 3 Wilayah

Senin 14-10-2024,07:00 WIB
Reporter : Tatang Rusmanta
Editor : Tatang Rusmanta

RADAR CIREBON - Akan ada jalan tol baru di wilayah Jawa Barat. Proses pembangunan mulai tahun depan.

Kepastian pembangunan jalan tol baru dengan rute Sukabumi-Ciranjang-Padalarang ini dipastikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur.

Proses pembangunan akan dimulai pada 2025 mendatang. Disebutkan bahwa saat ini masih menunggu langkah pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR melaksanakan konsultasi publik.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Cianjur, Tedi Artiawan, bahwa tahap persiapan proyek jalan tol baru di Jawa Barat ini sedang dikerjakan.

BACA JUGA:Kapan Tubuh Harus Beristirahat Ketika Sedang Melakukan Aktivitas Olahraga

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Berikut Adalah 9 Pelanggaran yang Jadi Target Operasi Zebra 2024

Proyek ini merupakan hasil kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Adapun pembangunannya Jalan Tol Sukabumi-Ciranjang-Padalarang ini dijadwal pada 2025 sampai 2029.

2

"KPBU Jalan Tol Sukabumi-Ciranjang dan Ciranjang-Padalarang tersebut diinisiasi pusat, provinsi dan beberapa kabupaten kota yang dilalui jalan tol termasuk Cianjur," demikian dijelaskan Tedi dilansir JPNN dari Antara, Minggu (13/10/2024).

Dengan rute yang disebutkan tadi, maka jalan tol baru di Jawa Barat ini akan membentang dari Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Bandung Barat. Adapun panjang masing-masing ruas tol ini sekitar 20-25 kilometer.

Lebih lanjut, Tedi mengungkapkan, bahwa Pemkab Cianjur berharap akan segera dilaksanakan peletakan batu pertama. Menurutnya, pembangunan jalan tol ini adalah upaya mengatasi kemacetan.

BACA JUGA:Kebakaran Sampah Merembet ke Rumah Warga di Desa Karangreja Cirebon

BACA JUGA:Perbakin dan Wasendak Polda Jabar Gelar Sosialisasi Penggunaan Senjata Api di Cirebon

"Terlebih kebutuhan yang sangat tinggi di Cianjur berkaitan dengan pertumbuhan penduduk, peningkatan arus lalu lintas, peningkatan arus ekonomi dari Cianjur ke luar menuju ke Bandung dan Jakarta ataupun sebaliknya," katanya.

Menurut dia, kegiatan yang digelar pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR di Bandung menjadi bukti keseriusan pemerintah membangun Jalan Tol Sukabumi-Ciranjang dan Ciranjang-Padalarang.

Untuk diketahui, saat ini Kementerian PUPR, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI), tengah berupaya untuk terus memperluas cakupan kerja sama.

Kategori :