Inspiration House Lolos Program BDW

Kamis 17-10-2024,13:00 WIB
Reporter : Khoirul Anwarudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

Perjalanan dimulai dengan tujuan Pura Agung Jati Pramana, yang berada di wilayah Perumnas. Di sana anak-anak tampak antusias untuk melihat dan bertanya mengenai apa saja yang ada di tempat ibadah terbesar umat Hindu di wilayah Ciayumajakuning tersebut.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke GPdI Trifina yang ada di Jalan Talang Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon. Di sana, mereka juga berjumpa dengan jemaat sekaligus mengetahui sekilas mengenai ajaran agama Kristen Protestan.

Kemudian, mereka juga berkunjung ke Wihara Dewi Welas Asih dan Klenteng Talang. Meskipun saat itu wilayah Cirebon sedang terik-teriknya, namun peserta tampak bersemangat. Terutama untuk merasakan pengalaman dan suasana yang berbeda.

"Kalau di Klenteng dan Wihara kan, suasananya sangat khas. Ada bau khas dari dupa, lalu juga ada patung dewa-dewa. Nah, disana mereka dijelaskan mulai dari nama-nama dewanya, sampai dengan cerita-ceritanya. Termasuk juga ada persamaan-persamaan dengan ajaran agamanya lainnya, pokoknga sangat menarik sekali bagi mereka," ungkap Cici.

BACA JUGA:Kenapa Warga Tionghoa se-Nusantara Rela Datang ke Cirebon saat Perayaan Ulang Tahun Dewi Pek Ku?

Kemudian, mereka juga melakukan kunjungan ke Gereja Katholik Bunda Maria, Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan Keraton Kasepuhan. Pasalnya, kata Cici, Keraton Kasepuhan yang merupakan institusi budaya juga mempunyai banyak sejarah terkait eksistensi antar umat beragama yang saling bertautan.

Cici mengungkapkan bahwa dalam program Harmony Kids Trip tersebut, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kondisi dan perasaan para peserta. Pasalnya, diharapkan kegiatan ini bisa membawa kesan yang baik agar semangat toleransi itu tetap tertanam di hati mereka.

“Pokonya kita sangat menjaga sekali agar mereka tidak lapar dan stress. Pokoknya semuanya kita persiapkan dengan baik, jadi terasanya itu seperti tamasya biasa. Kami bersyukur sekali, ternyata para peserta itu sangat antusias dan senang. Karena ini adalah pengalaman pertama mereka juga," katanya. (awr/opl)

Kategori :