Bahrain Minta Laga Lawan Indonesia Ditempat Netral, AFC Langsung Tanggap

Jumat 18-10-2024,19:30 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Adanya usulan dari Federasi Sepakbola Bahrain (BFA) agar laga Indonesia vs Bahrain berlangsung di tempat netral, Federasi Sepak Bola Asia atau AFC langsung memberikan tanggapan.

Rencananya, laga lanjutan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Indonesia vs Bahrain akan berlangsung di Jakarta pada 24 Maret 2025 mendatang.

Dalam pernyataan resminya, AFC akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan pihak FIFA dan juga PSSI terkait dengan usulan dari BFA yang melayangkan surat permohonan sebelumnya untuk menyelenggarakan pertandingan di tempat netral atau tidak berada di wilayah Indonesia.

BACA JUGA:DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Cirebon Bulat Dukung Pasangan H Imron-Jigus

BACA JUGA:Jaga Ekosistem Laut, DKP Jabar Lepas 300 Ekor Lobster

BACA JUGA:Polresta Cirebon Gelar Baksos Sinergitas TNI - Polri bersama Forkompimda kepada Masyarakat

"AFC menanggapi kekhawatiran ini dengan serius dan berkomitmen penuh untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua pemain, ofisial, dan penggemar, sambil mengutuk semua bentuk pelecehan dan ancaman daring," tulis laman resmi AFC, Jumat 18 Oktober 2024.

2

"AFC akan membahas masalah ini lebih lanjut dengan FIFA, BFA, dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam pertandingan tersebut," tulis AFC.

Pihak BFA khawatir dengan keselamatan para pemain dan tim ofisial usai menerima serangan siber buntut dari pertandingan leg pertama yang berlangsung di Stadion Riffa 10 Oktober 2024 lalu.

Dalam laga yang berakhir imbang 2-2 tersebut, pihak Bahrain kerap memperoleh keuntungan dari keputusan wasit Ahmed Al Kaf. 

BACA JUGA:Pesanan Foto Prabowo Melonjak, Pedagang di Sukalila Cirebon Terapkan Pending Order

BACA JUGA:Orientasi Anggota DPRD Kota Cirebon 2024, MHK Juara 1 dan Juara 2 USK

Puncaknya ketika wasit asal Oman tersebut memperpanjang durasi injury time dari enam menit menjadi sembilan menit tanpa alasan yang jelas hingga Bahrain mampu mencetak gol di masa perpanjangan waktu sembilan menit tersebut.

Menanggapi surat permintaan yang diajukan BFA kepada AFC, sebelumnya pihak PSSI melalui Anggota Komite Eksekutif (Exco) Arya Sinulingga mengatakan PSSI siap menjamin keamanan timnas Bahrain saat bertandang ke Indonesia pada Maret tahun depan.

"Kita akan buat surat ke AFC yang menyatakan supaya pertandingan fair, maka tetap di Jakarta karena sebelumnya kan tandingnya di Bahrain."

Kategori :