Jawab Perkembangan Zaman yang Semakin Maju CIREBON – Kendati penterasi seluler sudah hampir 100%, pasar di industri telekomunikasi khususnya seluler di Indonesia masih memiliki kesempatan untuk berkembang. Salah satu faktor pendorongnya yakni reposisi yang dilakukan sejumlah operator untuk menggarap layanan data dan bisnis digital. Salah satu operator seluler yang cukup cepat dan jeli dalam melihat perkembangan tren pasar ke depannya, yakni Telkomsel. Perusahaan telekomunikasi pelat merah ini kini mulai mengambil ancang-ancang menuju digital company. \"Sekarang semakin banyak orang yang mengakses internet lewat ponselnya (telepon seluler). Keluhan mereka bukan lagi gimana caranya seting SMS dan sebagainya, tapi lebih kepada kenapa device saya lemot dan sebagainya. Tren masyarakat sekarang juga terlihat ketika masyarakat menonton konser. Yang diangkat justru device mereka,\" kata Manager Corporate Communication Area Jabotabek-Jabar Telkomsel, Suryanda Stevanus saat berkunjung ke gedung Graha Pena Radar Cirebon, kemarin (18/11). Menurutnya, salah satu data juga menyebutkan bahwa Jakarta dan Bandung menjadi kota dengan netizen yang sangat aktif. \"Bahkan pernah satu periode menjadi rangking 1 dan 6 diseluruh dunia,\" ujarnya. Dikatakannya, hasil survei membuktikan bahwa orang ketika sedang galau akan melakukan aktivitas facebook-an, nge-tweet, telepon, sms, dan mendengarkan musik. Lima aktivitas tersebut adalah aktivitas yang dapat digunakan di ponsel. \"Dari survei tersebut, sebanyak 43 persen facebook-an menjadi aktivitas pilihan ketika orang galau dan sisanya yang lain. Penggunaan seluler itu tidak terbatas manusia saja, ternyata mesin atau robot juga punya seluler,\" katanya. Melihat hal tersebut, lanjutnya, dengan terjadinya perubahan gaya hidup teknologi demind masyarakat tentang internet, Telkomsel pun turut bertransformasi sebagai digital company. Bukan lagi telekomunikasi company. \"Kita bertransformasi sebagai digital company setara dengan facebook, google, dan sebagainya. Kalau hanya telekomunikasi company, kita cuma cover SMS, telepon, dan penyiapan jaringan internet. Digital company menyediakan jalur pembayaran parkir, GPS tracking taksi, T-cash yang memudahkan pelanggan bertransaksi dengan menggunakan ponsel, dan sebagainya. Layanan kami terus berinovasi,\" bebernya. Masih menurut Suryanda Stevanus, kedepannya Telkomsel juga akan ikut ambil bagian untuk me-launching jaringan 4G secara luas. Serta menghadirkan produk layanan inovatif lainnya di tahun 2015. \"Perang pasar telekomunikasi paling sengit sangat terasa di Area 2 Jabotabek-Jabar. Tapi kedepannya kita akan hadirkan program kerja inovatif lainnya. Termasuk melaunchng 4G secara luas,\" pungkasnya. (nda)
Telkomsel Jadi Digital Company
Rabu 19-11-2014,09:09 WIB
Editor : Harry Hidayat
Kategori :