All New Kijang Innova Versi Ekspor Berbeda

Jumat 01-01-2016,08:53 WIB
Reporter : Harry Hidayat
Editor : Harry Hidayat

CIREBON-Toyota All New Kijang Innova tak hanya akan dijual di Indonesia. Namun juga berbagai negara lain seperti Thailand, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Kuwait, Bahrain, Qatar, Afrika Selatan, Amerika Latin, Karibia, dan negara lainnya. Akan tetapi, fitur dari All New Kijang Innova versi ekspor ini akan sangat berbeda dengan pasar domestik. Diungkapkan oleh Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, perbedaan tersebut menyangkut aturan yang berlaku di masing-masing negara. Warih mengatakan, Toyota telah menyiapkan produk yang sesuai dengan aturan yang berlaku dan keinginan konsumen di negara-negara tujuan ekspor. Untuk negara-negara tertentu, terutama di Timur Tengah, menginginkan kapasitas mesin yang lebih besar, yaitu mesin 2.700cc. \"Di samping mesin, sebagian besar tidak ada perubahan fitur, sama saja,\" ujarnya. Untuk diketahui, TMMIN memproduksi dua tipe mesin, yaitu 1TR dan 2TR. Mesin berbahan bakar bensin ini digunakan Kijang Innova, dengan kapasitas 2.000 CC pada 1TR dan 2.700 CC pada 2TR. \"Dengan semangat Let\'s Go Beyond, All New Kijang Innova hadir dengan beyond techonolgy, beyond model, dan beyond service. Kami akan ekspor Innova demi kepuasan konsumen yang lebih tinggi,\" paparnya. Sementara diekspor, Toyota All New Innova juga diprediksi akan kembali menjadi pemimpin pasar area Jawa Barat untuk kelas MPV Medium. Operation Manager Auto2000 Area Jawa Barat, Ardian Nur, mengatakan perubahan total baik dari segi desain maupun perfoma pada produk baru Toyota All New Kijang Innova jelas akan mendapat sambutan baik dari para pelanggan. \"Saya yakin All New Kijang Innova mampu terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar di kelas MPV medium,\" ujarnya. Berdasarkan data Auto2000, dari total market MPV medium pada kuartal ketiga tahun 2015 di Jawa Barat sejumlah 4.782, Toyota Kijang Innova mampu meraih penjualan sebesar 3.843 unit. Angka tersebut setara dengan 80,4 persen dari total penjualan. \"Dengan angka tersebut, Toyota Kijang Innova berhasil menjadi pemimpin pasar dengan pertumbuhan sebesar 12,9 persen dari penjualan tahun lalu,\" ujarnya. Sepanjang tahun 2014 lalu, pangsa pasar Toyota Kijang Innova juga mendominasi penjualan mobil kelas MPV medium. Innova mampu mencapai sebesar 67,4 persen atau 5.230 unit dari total penjualan mobil kelas MPV Medium di Jawa Barat sebanyak 7.758 unit. (nda)

Tags :
Kategori :

Terkait