Akses Jalan Kebun Raya Kuningan Tertutup Longsor Sepanjang 65 Meter

Senin 22-02-2016,18:40 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

KUNINGAN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kuningan utara pada hari Minggu (21/2) sore menyebabkan tanah longsor di kawasan Kebun Raya Kuningan (KRK) di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan. Matrial tanah dari bukit setinggi 30 meter amblas hingga menutup jalan masuk kawasan KRK sepanjang 65 meter.
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan Agus Mauludin mengungkapkan, longsor tersebut terjadi pada hari Minggu sekitar pukul 15.30 WIB. Kondisi hujan yang kala itu turun cukup deras menyebabkan bukit di dekat pintu masuk KRK yang labil akhirnya longsor.
\"Matrial longsor menutup akses jalan utama tak jauh dari pintu masuk KRK. Beruntung saat ini KRK masih diberlakukan tertutup untuk umum sehingga tidak terlalu berpengaruh terhadap operasional KRK,\" ujar Agus kepada radarcirebon.com, Senin (22/2).
Hingga saat ini, lanjut Agus, pihaknya masih melakukan upaya pembersihan jalan dari material longsor dengan menggunakan alat berat. Selain itu, petugas BPBD dibantu aparat dari kepolisian dan TNI turun langsung membantu proses evakuasi dengan peralatan sederhana seperti golok, parang dan gergaji mesin untuk menyingkirkan pohon yang tumbang terbawa longsoran tanah.
\"Tadi sekitar pukul 15.00 WIB, proses evakuasi sempat dihentikan karena hujan deras kembali turun, karena khawatir terjadi longsor susulan. Prediksi proses pembersihan ini akan berlangsung paling cepat dua hari,\" ungkap Agus. (taufik)
Tags :
Kategori :

Terkait